Olimpiade

Ben Simmons keluar dari skuad bola basket Olimpiade Australia

Ben Simmons keluar dari skuad bola basket Olimpiade Australia

Pebasket Philadelphia 76ers Ben Simmons (kiri) berupaya memasukkan bole ke ring basket lawan yang dijaga pebasket Atlanta Hawks Danilo Gallinari (kanan) dalam laga Playoffs NBA, di State Farm Arena, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Jumat (11/6/2021). 76ers sementara memimpin 2-1 setelah kalahkan Hawks 127 - 111. ANTARA FOTO/Reuters-Dale Zanine-USA TODAY Sports/hp.

Jakarta (ANTARA) - Pemain NBA Ben Simmons mengundurkan diri dari skuad bola basket Olimpiade Australia pada Selasa, dengan ofisial mengatakan bahwa dia mengalami "masa sulit" di NBA dan ingin fokus pada peningkatan keterampilannya.

Pemain berusia 24 tahun itu dikritik habis-habisan karena penampilannya ketika unggulan teratas Philadelphia 76ers itu disingkirkan dari playoff NBA oleh Atlanta Hawks awal bulan ini.

Pelatih nasional Brian Goorjian dan anggota skuad lainnya mendukung keputusan Simmons dan berharap dia dapat mewakili Boomers Australia di masa depan.

"Ini adalah waktu yang cukup sulit baginya sekarang dan saya tahu itu (Olimpiade Tokyo) adalah sesuatu yang ingin dia lakukan, tetapi waktunya tidak tepat," ujar Goorjian dalam sebuah pernyataan.

"Hal terbaik untuk semua orang saat ini adalah dia terus maju mengembangkan keterampilan, dan meningkatkannya di beberapa area untuk musim berikutnya di NBA, tetapi Boomers selalu ada di sini untuknya."

Baca juga: Australia mulai vaksinasi atlet Olimpiade

Australia berada di peringkat ketiga dunia menuju Olimpiade Tokyo 2020 yang tertunda bulan depan dan Simmons diharapkan menjadi kunci dalam upaya skuad untuk mendapatkan medali Olimpiade pertama.

Namun dia tidak pernah bermain untuk tim nasional. Hal tersebut mendorong mantan bintang Boomer dan NBA, Andrew Bogut mempertanyakan komitmennya.

"Terlalu blak-blakan, jika Anda perlu direkrut untuk bermain di tim nasional, berarti Anda memiliki presentasi mengapa Anda harus bermain dan tidak boleh bermain," ujar Bogut kepada Fox Sports Australia setelah pengunduran dirinya.

"Ini pahit. Kami tidak benar-benar tahu apa yang bisa dia bawa karena dia tidak pernah membawanya untuk tim nasional."

Patty Mills yang diharapkan memimpin Australia di Olimpiade mengatakan, Simmons tidak akan menghadapi kritik dari skuad.

"Kami saling mendukung melalui hal yang baik, buruk, dan, jelek, apa pun dan tidak terkecuali untuk hal itu," katanya.

"Tidak peduli apa yang dia lakukan, saya dan tim akan terus mendukungnya karena ini adalah tempat yang aman baginya."

Baca juga: Tim sofbol Australia jadi skuad pertama yang tiba untuk Olimpiade

Masa depan Simmons dengan Sixers berada dalam sorotan dan media AS melaporkan waralaba Wilayah Timur ingin melepasnya.

The Boomers akan pergi ke Tokyo tanpa mantan pemain Dallas Mavericks, Ryan Broekhoff yang mengundurkan diri pekan lalu karena masalah kesehatan mental, dan center Isaac Humphries yang mengalami cedera kaki.

Skuad Australia yang berisi 16 pemain itu saat ini sedang berkumpul untuk pelatihan di Las Vegas. Mereka akan diseleksi menjadi 12 orang awal bulan depan, sebelum akhirnya memainkan pertandingan eksibisi melawan Amerika Serikat, Nigeria, dan Argentina, demikian laporan AFP.

Baca juga: Dewan eksekutif IOC usulkan Brisbane tuan rumah Olimpiade 2032
Baca juga: Presiden IOC dijadwalkan tiba di Jepang pekan depan
Baca juga: Kaisar Jepang khawatir Olimpiade bisa sebarkan COVID

Penerjemah: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar