Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,5 persen, dengan industri, bank, dan penambang naik antara 0,4 persen dan 0,7 persen
Jakarta (ANTARA) - Lonjakan saham perusahaan-perusahaan industri, keuangan, dan pertambangan mengangkat saham Eropa pada Selasa karena investor membeli ke sektor-sektor yang akan mendapat manfaat dari pemulihan ekonomi yang stabil, sementara Rexel Prancis naik karena mengangkat perkiraan penjualan 2021.

Saham pemasok suku cadang listrik Prancis itu melonjak 3,4 persen ke puncak STOXX 600 dan mengatakan pihaknya memperkirakan pertumbuhan penjualan antara 12 persen dan 15 persen, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya antara 5 persen dan 7 persen.

Dikutip dari Reuters, indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,5 persen, dengan industri, bank, dan penambang naik antara 0,4 persen dan 0,7 persen.

Optimisme di sekitar pemulihan ekonomi yang stabil telah menempatkan acuan indeks saham Eropa di jalur untuk kenaikan bulan kelima berturut-turut, tetapi baru-baru ini berjuang untuk menembus di atas penutupan tertinggi sepanjang masa pada 16 Juni di tengah kekhawatiran penyebaran global virus corona varian Delta.

Namun, saham terkait perjalanan pulih pada hari Selasa setelah meluncur ke level terendah dalam satu bulan di sesi sebelumnya menyusul laporan potensi larangan pelancong Inggris di Jerman.

Indeks FTSE 250 domestik London naik 0,3 persen, sementara pengembang perumahan melonjak 1,1 persen karena data pada hari Selasa menunjukkan harga rumah Inggris melonjak paling besar dalam lebih dari 16 tahun di bulan Juni.

Baca juga: Hindari pompom saham, BEI dorong investor tambah pengetahuan investasi
Baca juga: Saham di AS berakhir beragam karena sektor energi merosot
Baca juga: Indeks saham unggulan China naik karena sektor teknologi bersinar


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021