Jakarta (ANTARA) - Petenis putri nomor satu dunia Ashleigh Barty akan memimpin tim tenis Australia dalam upaya memboyong medali pertama bagi negaranya dalam 17 tahun terakhir dari Olimpiade Tokyo 2020.

Barty, Alex de Minaur, dan Nick Kyrgios termasuk di antara delapan debutan Olimpiade dalam tim beranggotakan 11 orang itu, dengan mantan juara US Open Sam Stosur turut bergabung untuk berlaga di Olimpiade kelimanya.

"Ini adalah sesuatu yang selalu saya impikan dan saya sangat bersemangat untuk mewakili Australia dengan membawa emas," kata Barty, seperti dilansir Reuters, Selasa.

Perolehan medali tim tenis Australia terakhir kali diamankan Alicia Molik yang meraih perunggu di sektor tunggal pada Olimpiade Athena 2004.

"Ini adalah tim yang besar dan solid, saya tidak sabar untuk menjadi bagian darinya," katanya menambahkan

Baca juga: Cedera paksa Halep mundur dari Olimpiade setelah absen di Wimbledon
Baca juga: Serena Williams absen di Olimpiade Tokyo


Barty, De Minaur, Stosur dan John Millman akan bertanding di nomor tunggal dan ganda, sedangkan Kyrgios hanya akan bermain nomor tunggal.

Spesialis ganda putra Millman dan John Peers, akan berjuang dalam Olimpiade kedua mereka setelah sebelumnya juga turun membela Australia di Rio 2016.

Molik akan menjadi kapten tim putri yang terdiri dari Ajla Tomljanovic di tunggal, serta Storm Sanders dan Ellen Perez di ganda.

Turnamen tenis di Olimpiade Tokyo dimulai pada 24 Juli di Ariake Tennis Park.

Baca juga: Cedera pergelangan tangan paksa Thiem mundur dari Wimbledon
Baca juga: Nadal mundur dari Wimbledon dan Olimpiade Tokyo
Baca juga: Ikuti Nadal dan Thiem, Shapovalov mundur pula dari Olimpiade Tokyo

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021