Kemendag membantu pembangunan pasar ini untuk mendorong pasar rakyat agar tidak kalah dengan pusat perbelanjaan dan toko modern, ...
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan pemerintah berpihak pada ekonomi kerakyatan, di mana salah satu bentuknya melalui pembangunan pasar rakyat, yang salah satunya dibangun Pasar Berdikari Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

“Kemendag membantu pembangunan pasar ini untuk mendorong pasar rakyat agar tidak kalah dengan pusat perbelanjaan dan toko modern, sehingga, dapat meningkatkan omzet pedagang pasar rakyat. Ini adalah wujud keberpihakan pemerintah pada ekonomi kerakyatan,” ujar Wamendag lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Menurut Wamendag, pembangunan pasar rakyat yang nyaman bagi penjual dan pembeli dapat mengangkat daya saing dan citra pasar rakyat di masyarakat. Selain pembangunan fisik, manajemen pengelolaan pasar juga menjadi perhatian Kemendag.

Baca juga: Promosikan produk RI, Kemendag gandeng universitas di Australia

Para pengelola dibina secara khusus agar lebih memahami pengelolaan pasar rakyat. Kapasitas para pedagang juga ditingkatkan melalui keikutsertaannya dalam sekolah pasar.

“Pesatnya pembangunan pasar modern dirasakan banyak pihak berdampak terhadap keberadaan pasar rakyat. Namun, keunggulan yang terdapat di pasar rakyat adalah harga yang terbentuk merupakan hasil tawar-menawar para pihak,” ujar Wamendag.

Wamendag menjelaskan pembangunan Pasar Berdikari Tumpaan ini bertujuan meningkatkan pendapatan para pedagang serta pelaku ekonomi yang ada di Minahasa Selatan. Kenyamanan pasar ini juga dapat memudahkan akses transaksi jual beli.

Baca juga: Jaga pertumbuhan ekonomi, Wamendag lepas ekspor tisu dari Mojokerto

Arus barang antar wilayah khususnya barang kebutuhan pokok masyarakat semakin lancar. Dengan memiliki pasar yang mumpuni, kebutuhan bahan pokok suatu daerah akan terpenuhi dan terjaga dengan baik.

“Program bantuan pendirian pasar rakyat merupakan salah satu bentuk komitmen Kemendag untuk meningkatkan kesejahteraan para pedagang dengan mendorong omzet, mendukung kelancaran logistik dan distribusi bahan kebutuhan masyarakat, serta memperkuat pasar dalam negeri sebagai penyangga ketersediaan bahan pokok yang menjadi barometer stabilisasi harga pangan di tingkat nasional,” imbuh Wamendag.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021