Liwa, Lampung Barat (ANTARA News) - Pengguna angkutan travel dalam arus balik Idul Fitri Kabupaten Lampung Barat meningkat.

"Pengguna angkutan travel pada arus balik Idhul Fitri H+7 ini melonjak, bahkan beberapa armada travel yang beroperasi tidak mampu menampung pesanan penumpang," kata salah satu pengusaha travel yang berada di Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat, Surayadi (44) sekitar 278 Km dari Bandarlampung, di Way Mengaku, Sabtu.

Dia menjelaskan, arus balik H+7 lonjakan penumpang pengguna travel meningkat dua kali lipat.

"Sejak kemarin pengguna angkutan travel melonjak dua kali lipat, sehingga beberapa pengemudi terpaksa melakukan perjalanan pulang pergi untuk memenuhi pesanan bangku penumpang," kata dia lagi.

Kemudian lanjut dia, sebagian besar penumpang memilih angkutan travel di sebabkan aman.

"Sebagian besar penumpang beralih menggunakan jasa angkutan travel, disebabkan jenis angkutan ini aman dan nyaman, dan yang paling penting penumpang dapat diantar langsung dikediamannya," kata Suryadi.

Lalu lanjut dia, tarif angkutan travel tak dikelukan penumpang.

"Tarif angkutan travel jauh berbeda dengan angkutan bus, akan tetapi tingginya tarif tersebut tidak mengurungkan niat penumpang menggunakan angkutan travel ini," katanya.

Arus balik Idhul Fitri H+7 lonjakan penumpang terjadi, terlihat dari padatnya penumpang di sejumlah bus juga angkutan travel.

Angkutan travel di Kabupaten Lampung Barat, menjadi salah satu angkutan yang paling digemari, pasalnya jenis angkutan ini tergolong aman dan nyaman.

Di Lampung Barat terdapat sekitar 100 unit angkutan travel yang beroperasi, akan tetapi baru 20 angkutan travel saja yang dinyatakan legal, sedang sisanya hanya travel gelap.

Tarif angkutan travel cukup tinggi, tetapi dari segi pelayanan dan kenyaman, tarif tersebut tidak menjadi persoalan bagi masyarakat.

Dalam arus bali lebaran ini, angkutan travel menjadi angkutan favorit pemudik, pasalnya selain penumpang diberikan kecepatan perjalanan, juga mendapatkan fasilitas lain diantaranya penumpang diantar hingga kediamannya.

Lonjakan masih terus terjadi pasca H+7, terlihat dari jumlah pesanan kursi semakin melonjak setiap jamnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perhubungan, Dinas Perhubungan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Lampung Barat, Farid Wijaya, mengatakan, angkutan travel di Lampung Barat semakin melonjak.

"Jumlah angkutan travel di Kabupaten Lampung Barat semakin meningkat, akan tetapi jenis angkutan ini cukup membantu masyarakat, pasalnya selain aman angkutan ini nyaman karena kondisi kendaraan yang mayoritas baik," kata dia.

Dia menjelaskan, lonjakan penumpang angkutan travel sejak H+5 Idhul Fitri.

"Lonjakan penumpang angkutan angkutan travel terlihat dari padatnya angkutan travel setiap harinya, dan diprediksi lonjakan juga terjadi pasaca H+7 esok hari, dimana hari tersebut terakhir libur sekolah," kata dia lagi.

Farid menambahkan, berharap dari angkutan travel yang beroperasi di Lampung Barat dapat melegalkan identitasnya pada petugas, sehingga bila terjadi sesuatu hal akan dapat diantisipasi sejak awal.
(T.ANT-049/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010