Piala Eropa 2020

Suporter yang pulang dari Euro 2020 tambah kasus COVID-19 Finlandia

Suporter yang pulang dari Euro 2020 tambah kasus COVID-19 Finlandia

Para pemain tim nasional Finlandia berterima kasih kepada suporter yang hadir di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, selepas menghadapi Belgia dalam laga pemungkas penyisihan Grup B Euro 2020 pada Senin (21/6/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Anatoly Maltsev)

Jakarta (ANTARA) - Suporter Finlandia yang pulang dari mendukung tim nasional mereka di Euro 2020 menambah jumlah kasus COVID-19 di negara Baltik tersebut.

Seturut otoritas kesehatan Finlandia, sedikitnya 300 suporter sepak bola terkontraksi COVID-19, demikian laporan Reuters, Selasa.

Hal itu diyakini akan mendorong penambahan kasus positif COVID-19 di Finlandia dalam beberapa hari terakhir, yang sepekan ini berada di level lebih dari 200 kasus per har.

"Melihat dari kelompok usia mereka, jelas kebanyakan belum menerima dua dosin vaksin," kata kepala keamanan Institut Kesehatan Finlandia Mika Salminen.

Data resmi Finlandia menyatakan lebih dari 200 infeksi COVID-19 dibawa dari Rusia terdeteksi di antara orang-orang yang tinggal di area metropolitan seperti Helsinki.

"Pertanyaan kuncinya adalah, apakah akan ada rantai penularan. Sekarang sepertinya kami tidak bisa menurunkan tingkat pengetatan di Helsinki," ujar Salminen.

Baca juga: Suporter Finlandia terpapar COVID-19 sekembalinya dari Rusia
Baca juga: Finlandia dipastikan angkat koper dari Euro 2020

Lembaga itu memperkirakan 4.500 s.d. 6.500 suporter Finlandia berangkat ke Saint Petersburg, Rusia, untuk menyaksikan timnas di Euro 2020.

Otoritas Finlandia masih berusaha melacak semua suporter dan memperingatkan kemungkinan mereka telah menularkan virus itu ke kerabat mereka dalam keramaian akhir pekan lalu.

Pekan lalu, otoritas Rusia menyebut varian Delta bertanggung jawab atas lonjakan kasus dan kematian di kota-kota besar termasuk Saint Petersburg yang masih dijadwalkan menggelar laga perempat final Euro 2020 antara Swiss kontra Spanyol, Jumat (2/7) nanti.

Finlandia saat ini merupakan salah satu negara dengan dampak paling ringan dari pandemi COVID-19, di mana negeri berpopulasi 5,5 juta orang itu mencatatkan 95.387 kasus, 969 kematian dan 29 orang dirawat di rumah sakit karenanya.

Baca juga: Tuan rumah Euro Saint Petersburg catat rekor korban COVID-19
Baca juga: Juara dunia Prancis tumbang di tangan Swiss lewat adu penalti
Baca juga: Drama 8 gol antar Spanyol ke perempatfinal Euro 2020

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar