Mexico City (ANTARA News) - Industri mobil Volkswagen menyampaikan rencananya Rabu untuk investasi sebesar 550 juta dolar di sebuah pabrik baru di Meksiko guna membantu raksasa mobil Jerman tersebut memperkuat posisinya di pasar Amerika Utara.

Pengumuman tersebut muncul bersama dengan Presiden Felipe Calderon, yang mengatakan bahwa pabrik tersebut akan menjadi suatu fasilitas mesin "generasi mendatang" di negara bagian Guanajuanto, guna memasok pabrik rakitan di Puebla dan fasilitas Amerika Serikat di Tennessee.

Volkswagen, yang merupakan pemimpin pasar di Eropa, China dan Brazil, bermaksud melipattigakan penjualan di Amerika Serikat pada 2018 menjadi satu juta setiap tahun dan diharapkan mengambil alih Toyota sebagai industri pembuat mobil terbesar dunia.

Perusahaan Jerman itu memproduksi 325.000 unit kendaraan di Meksiko pada 2009 dan berharap dapat meningkatkan produksi 35 persen tahun ini yang diuntungkan dengan ekspansi pabrik di Puebla tersebut.

Otto Lindner, yang memimpin Volkswagen di Meksiko, mengatakan bahwa pabrik baru itu diperkirakan dapat memproduksi 330.000 mesin per tahun dan akan dapat menciptakan setidaknya 700 lapangan kerja.
(S004/B010)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010