Pasukan terakhir kami meninggalkan Afghanistan malam ini setelah hampir 20 tahun dan sedang dalam perjalanan pulang
Berlin (ANTARA) - Militer Jerman pada Selasa malam (29/6) menyelesaikan penarikan pasukan dari Afghanistan setelah hampir dua dekade, mengakhiri misi militer paling mematikan Jerman sejak Perang Dunia II.

"Pasukan terakhir kami meninggalkan Afghanistan malam ini setelah hampir 20 tahun dan sedang dalam perjalanan pulang," kata Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer melalui pernyataan.

"Ini akhir dari babak bersejarah, sebuah misi intensif yang menguji Bundeswehr dan di mana Bundeswehr membuktikan dirinya dalam pertempuran."

Di Afghanistan militer Jerman melancarkan gempuran darat pertama sejak akhir Perang Dunia II.

Baca juga: PBB siap tangani lebih banyak pengungsi Afghanistan
Baca juga: Sedikitnya 11 tewas akibat ledakan ranjau darat di utara Afghanistan


Presiden AS Joe Biden dan NATO pada pertengahan April mengumumkan bahwa mereka akan menarik hampir 10.000 pasukan asing yang masih berada di Afghanistan pada saat itu pada 11 September, 20 tahun peringatan serangan World Trade Center di New York yang memicu misi tersebut.

Selama beberapa tahun terakhir, Jerman memiliki kontingen pasukan terbesar kedua setelah Amerika Serikat di Afganistan, degan sekitar 150.000 tentara dikerahkan selama dua dekade terakhir.

Sebanyak 59 tentara Jerman tewas di Afghanistan, 35 di antaranya tewas dalam pertempuran atau akibat ofensif militan, menjadikannya misi militer paling mematikan Jerman sejak Perang Dunia II.

Menyelesaikan operasi tersebut, Jerman mengatakan harus mengerahkan kembali sekitar 800 kontainer persenjataan seperti kendaraan lapis baja, helikopter, senjata dan amunisi saat penarikan dimulai.

Kamp multinasional di Mazar-i-Sharif utara yang dipimpin oleh Jerman diperkuat dengan pasukan dan mortir, memperketat keamanan selama penarikan pasukan guna melindungi pangkalan dari serangan Taliban.

Taliban sangat membatasi hak-hak perempuan dan HAM lainnya selama berkuasa di Afghanistan sejak 1996-2001, ketika mereka digulingkan oleh pasukan pimpinan AS. Semenjak itu Taliban melancarkan pemberontakan dan kini menguasai sebagian besar wilayah.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rundingan damai Afghanistan harus berlanjut kecuali Taliban tarik diri
Baca juga: Tarik pasukan, AS percepat visa untuk warga Afghanistan yang rentan

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021