Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K meninjau kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh vaksinator TNI Angkatan Laut terhadap masyarakat di daerah Sunter, Kodamar Jakarta Utara, Rabu.

Serbuan vaksinasi yang dilaksanakan di Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta ini merupakan kerja sama TNI AL dan pemerintah daerah serta instansi terkait lainnya guna menyediakan pelayanan vaksin bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi di wilayah itu

Pangkoarmada I dalam siaran persnya, mengatakan bahwa Koarmada I sebagai Kotama Operasional dan Kotama Pembinaan saat ini tengah melaksanakan serbuan vaksinasi di seluruh wilayah kerjanya melalui jajaran yang berada di daerah untuk bersama-sama menyukseskan program sejuta vaksin sehari yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Wapres: Vaksinasi jadi kunci keberhasilan penanganan COVID-19

"Serbuan Vaksinasi ini berdasarkan petunjuk dan arahan pimpinan TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono sebagai kontribusi TNI AL dalam berpartisipasi membantu pemerintah menekan dan memutus rantai penyebaran COVID-19,” tutur Rasyid.

Koarmada I yang mempunyai wilayah kerja dari mulai Sabang di Nangroe Aceh Darussalam sampai dengan Cirebon di Jawa Barat saat ini tengah serempak melaksanakan serbuan vaksinasi guna mensukseskan program pemerintah tersebut.

"Untuk wilayah kepulauan, kita menggunakan KRI, dimana pelaksanaannya tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah, salah satunya KRI Clurit-641. Sejak Selasa (29/06) hingga saat ini masih melaksanakan vaksinasi di daerah Kepulauan Seribu yang didukung vaksinator dari Diskes Koarmada I yang bekerja sama dengan tenaga kesehatan puskesmas setempat," tuturnya.

Meskipun telah melaksanakan Vaksin, Pangkoarmada I berharap kepada masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam beraktivitas sehari-hari.

"Hal ini tentunya merupakan salah satu upaya kita bersama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang juga menjadi harapan kita bersama agar dapat keluar dari pandemi ini," ujarnya.

Pada hari pertama, pelaksanaan vaksinasi di Yonmarhanlan III ditargetkan 500 orang warga penerima vaksin, namun tidak menutup kemungkinan akan ditambah jumlahnya apabila sampai dengan waktu yang telah ditentukan masih ada warga yang akan melaksanakan vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi dalam dua hari ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar Sunter Jakarta Utara yang sebelumnya belum dapat menerima vaksinasi.

Baca juga: Presiden ajak pemerintah daerah dukung satu juta vaksinasi per hari
Baca juga: Traveloka gelar vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Tangsel

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021