TNI AL bantu program vaksinasi di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu

TNI AL bantu program vaksinasi di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid (kanan) memantau program serbuan vaksin di Sunter, Jakarta Utara, Rabu (20/6/2020) (ANTARA/HO-Humas Koarmada I)

Jakarta (ANTARA) - Komando Armada I TNI Angkatan Laut (AL) membantu program vaksinasi COVID-19 massal untuk wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, menjelaskan di Jakarta Utara vaksinasi dilakukan vaksinator TNI Angkatan Laut di wilayah Sunter, Kodamar Jakarta Utara.

Serbuan vaksinasi yang dilaksanakan di Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta ini merupakan kerja sama TNI AL, pemerintah daerah, dan instansi terkait lain untuk menyediakan pelayanan vaksin bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi di wilayah tersebut.

Baca juga: Korps Marinir bantu pemerintah perangi COVID-19

"Serbuan Vaksinasi ini berdasarkan petunjuk dan arahan Pimpinan TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono sebagai kontribusi TNI AL dalam berpartisipasi membantu pemerintah menekan dan memutus rantai penyebaran COVID-19,” kata Pangkoarmada I.

Sementara itu, Rasyid mengatakan untuk wilayah Kepulauan seribu, pihaknya menggunakan KRI Clurit-641. Vaksinasi di daerah Kepulauan Seribu yang didukung vaksinator dari Diskes Koarmada I yang bekerja sama dengan tenaga kesehatan puskesmas setempat dimulai pada Selasa (29/6).

Baca juga: TNI AL tunda Latihan Armada Jaya untuk bantu tangani COVID-19

Pangkoarmada I mengatakan bahwa Koarmada I sebagai Kotama Operasional dan Kotama Pembinaan saat ini tengah melaksanakan serbuan vaksinasi di seluruh wilayah kerja mulai Sabang, Aceh hingga Cirebon, Jawa Barat.

"Serbuan vaksinasi dilakukan serempak untuk menyukseskan program sejuta vaksin sehari yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo," ujar Rasyid.

Baca juga: TNI AL siapkan gedung isolasi mandiri antisipasi lonjakan COVID-19

Rasyid berharap meskipun telah melaksanakan Vaksin, masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dalam beraktivitas sehari-hari. Hal ini merupakan salah satu upaya bersama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang juga menjadi harapan bersama agar dapat keluar dari pandemi.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pulau Maitara Malut ditetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar