tercatat 14 warga positif COVID-19, satu orang di antaranya dirawat di RSUD Pasar Minggu dan 13 orang lainnya menjalani isolasi mandiri yang tersebar di enam rumah
Jakarta (ANTARA) - Polsek di wilayah Jakarta Selatan saling bersinergi untuk menangani warga positif COVID-19 di zona merah salah satunya di Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa untuk mengendalikan penularan penyakit dari virus SARS CoV-2 itu.

Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah di Jakarta, Rabu, mendukung asistensi pimpinan Polsek tersebut.

Baca juga: Dirut MRT sebut penumpang harian kembali turun dampak PPKM mikro

Azis kemudian mengecek penanganan warga yang positif COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri di RT10/RW01 Kelurahan Ciganjur.

Di permukiman tersebut tercatat 14 warga positif COVID-19, satu orang di antaranya dirawat di RSUD Pasar Minggu dan 13 orang lainnya menjalani isolasi mandiri yang tersebar di enam rumah.

Ketua RT 10 Egi Sigiarto menjelaskan penularan COVID-19 di wilayahnya diperkirakan karena aktivitas masyarakat khususnya dari klaster perkantoran.

Baca juga: Ketua DPD RI minta penerapan PPKM darurat diikuti pengawasan ketat

Untuk memenuhi kebutuhan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, warga setempat mendirikan dapur umum dengan pengerahan secara swadaya oleh masyarakat setempat secara bergiliran.

Adapun dukungan logistik seperti beras dan bahan pokok lainnya salah satunya dipasok oleh Kepolisian.

Secara berkala, petugas dari RT dan Kader PKK memantau perkembangan warga yang menjalani isolasi mandiri termasuk berkoordinasi dengan Puskesmas setempat.

Sedangkan personel tiga pilar dari kepolisian, Babinsa dan Satpol PP melakukan operasi yustisi agar warga sekitar tertib menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Belum ada keputusan untuk laksanakan PPKM Darurat di Jakarta

Tak hanya di RT10, sebanyak enam orang warga di RT05/RW02 di Kelurahan Ciganjur juga positif COVID-19 berdasarkan hasil tes usap antigen.

Dalam waktu dekat Puskesmas setempat akan mengambil sampel dari enam warga tersebut untuk dites usap berbasis "polymerase chain reaction" (PCR).

Pada pemantauan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di Jagakarsa itu juga dihadiri oleh pimpinan Polsek yang bersinergi yakni Polsek Jagakarsa, Mampang Prapatan, Tebet, Kebayoran Lama, Pesanggrahan, dan Pancoran.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021