kita harus memberikan pelayanan yang terbaik
Kediri (ANTARA) - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri, Jawa Timur, memanfaatkan ruangan kantin untuk perawatan pasien COVID-19, menyusul jumlah pasien yang terkonfirmasi positif dirawat semakin banyak.

"Ruang kantin ini tidak difungsikan selama pandemi, jadi sekarang bisa dimanfaatkan untuk perawatan," kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD Gambiran Kota Kediri I Nengah Gangga di Kediri, Rabu.

Gangga mengungkapkan tingkat keterisian tempat tidur isolasi di RSUD Gambiran Kota Kediri saat ini sudah mencapai 72 persen dari batas psikologis di bawah 70 persen.

Sedangkan dari pasien yang masuk rumah sakit rujukan di Kota Kediri, sekitar 40 persen pasien berasal dari Kota Kediri dan selebihnya dari kota dan kabupaten sekitarnya bahkan hingga dari wilayah pantura.

RSUD Gambiran Kota Kediri telah memanfaatkan ruang perawatan biasa menjadi ruang isolasi dengan kapasitas kurang lebih 90 tempat tidur. Fasilitas di ruang tersebut sama seperti ruangan yang lain, meliputi tempat tidur otomatis, oksigen, pendingin ruangan, makan minum gratis, pelayanan dokter spesialis dan pemeriksaan penunjang dengan peralatan yang memadai.

Karena jumlah pasien yang terus bertambah, kini ruangan untuk kantin juga dimanfaatkan sebagai tempat perawatan pasien COVID-19.

RSUD Gambiran Kediri menambah sekitar 10 tempat tidur isolasi untuk merawat pasien. Ruang perawatan juga diberikan sekat pemisah antara pasien laki-laki dan perempuan. Saat ini, tempat tidur di ruangan kantin sudah terisi delapan pasien dari 10 tempat tidur yang disediakan.

Baca juga: Wali Kota Kediri pastikan pasokan tabung oksigen mencukupi
Baca juga: Pemkot Kediri vaksinasi masyarakat usia 18 tahun ke atas


Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Kediri dokter Fauzan Adima mengatakan bahwa penambahan fasilitas tempat tidur isolasi tersebut juga atas perintah dari Wali Kota Kediri. Selain RSUD Gambiran Kediri, juga dilakukan oleh rumah-rumah sakit di Kota Kediri.

"Sesuai arahan Wali Kota Kediri, sebagai Kota Pelayanan atau The Service City maka kita harus memberikan pelayanan yang terbaik termasuk dalam bidang kesehatan," kata Fauzan Adima.

Menurut Fauzan, dalam rapat dengan semua manajemen rumah sakit di Kota Kediri, Wali Kota Kediri telah minta semua rumah sakit untuk menambah tempat tidur isolasi.

"RS Bhayangkara dan RSM Achmad Dahlan sudah mulai menambah tempat tidur dan ini disusul RS DKT sehingga saat ini total ada 464 tempat tidur di seluruh RS Kota Kediri," kata dia.

Di Kota Kediri, hingga Selasa (29/6) terdapat 1.537 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Terdapat 106 orang yang masih dirawat, 1.279 orang telah sembuh dan 152 orang telah meninggal dunia.

Baca juga: Panglima TNI-Kapolri gelar rapat penanganan COVID-19 di Kediri
Baca juga: Kapolri perintahkan Polres Kediri bantu cegah kenaikan kasus COVID-19
Baca juga: Pemkot Kediri menutup sementara gerai makanan cepat saji

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021