Tiga Calhaj Kloter 14 Embarkasi Banjarmasin Gagal Berangkat

Tiga Calhaj Kloter 14 Embarkasi Banjarmasin Gagal Berangkat

Banjarbaru (ANTARA News) - Tiga jemaah calon haji (Calhaj) Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), kelompok terbang (Kloter) 14, gagal berangkat, karena menderita penyakit yang tidak memungkinkan untuk diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Informasi dari tim kesehatan embarkasi, ada tiga calhaj Kloter 14 yang batal berangkat, karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan," ujar Kasubag Tata Usaha Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Banjarmasin, Hidayaturahman, di Asrama Haji Banjarbaru, Selasa.

Ia mengatakan, satu diantara tiga calhaj itu atas nama Hamdanah binti Idris usia 68 tahun beralamat di Desa Rutas Kecamatan Kayu Bawang Kabupaten Hulu Sungai Tengah batal berangkat dan terpaksa dipulangkan karena mengidap psikotik akut atau pikun.

Dua calhaj lainnya, adalah sepasang suami istri yang dikabarkan sedang sakit di daerahnya dan belum sempat masuk asrama haji atas nama Muhyar bin Abdul Wahab 62 tahun dan Norliyani binti Kasdi 53 tahun.

Menurut dia, khusus bagi calhaj yang pikun tidak dapat diberangkatkan karena selain sulit mengingat akibat pikun, calhaj bersangkutan juga menderita penyakit hypertensi.

Calhaj yang masuk kategori kondisi seperti itu, kata dia, harus mendapat pengawalan penuh dan melekat selama 1x24 jam setiap hari, padahal dia berangkat sendirian tanpa didampingi keluarga.

"Penderita psikotik akut harus mendapat pengawalan penuh selama di Tanah Suci, padahal mereka tidak didampingi keluarga, sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terpaksa dipulangkan," ungkapnya.

Selain tiga calhaj yang dipastikan batal menunaikan ibadah haji, sebanyak 11 Calhaj Kloter 14 juga perlu terdapat perhatian khusus dari hasil pemeriksaan kesehatan mereka termasuk kategori risiko tinggi (Resti) dan lanjut usia.

"Mereka yang mengidap penyakit risiko tinggi dan lanjut usia masih bisa diberangkatkan, tetapi harus mendapat pengawasan ekstra dari petugas kesehatan yang ada di dalam kloter," ujarnya.

Sementara itu, informasi yang diterima dari petugas di Sektor Jemaah Haji Tersesat di Kota Makkah, Idi Amien, Calhaj Embarkasi Banjarmasin yang telah memasuki Kota Mekkkah Al Mukarramah sebanyak 10 kloter.

"Informasi itu kami terima pukul 17:30 Waktu Saudi atau pukul 22:30 Wita, rombongan Kloter 9 asal Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan dan Kota Banjarmasin telah memasuki Kota Mekkkah disusul rombongan Kloter 10," ujar Hidayaturahman. (*)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2009

313 Jamaah calon haji berangkat dari embarkasi Banjarmasin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar