Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista mengajarkan baca dan tulis kepada anak-anak usia dini di Kampung Monggoefi, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom dalam rangka mencerdaskan pendidikan generasi muda asli orang Papua di perbatasan RI-PNG

Komandan Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan, Kamis, mengharapkan, proses pembelajaran dilakukan personel Satgas TNI bisa meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di perbatasan

Diakuinya, pendidikan adalah indikator utama dalam menentukan apakah seseorang itu berkualitas atau tidak, dengan pendidikan seseorang bisa tahu segala macam informasi dan pengetahuan.

Baca juga: Satgas TNI ajar baca tulis anak-anak asli Papua di perbatasan

Pendidikan.lanjutnya, merupakan faktor yang amat penting untuk menunjang kemajuan suatu negara, bukan hanya pendidikan akademik saja, namun pendidikan moral dan keterampilan juga tidak kalah penting dalam mewujudkan terciptanya suatu generasi bangsa yang baik dan berhasil guna.

Ditegaskan, wilayah perbatasan yang pada hakikatnya merupakan daerah terdepan sebagai pintu gerbang untuk memasuki Negara Republik Indonesia, sehingga anak-anak generasi penerus bangsa di perbatasan harus memiliki kualitas pendidikan yang baik.

"Karena kesenjangan pendidikan dan kesejahteraan di wilayah perbatasan akan mengikis rasa nasionalisme yang bukan tidak mungkin akan mengancam kedaulatan bangsa dan negara," jelas Danstagas.

Di tempat terpisah, Danpos KM 140 Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Hengky Dwi C mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud peran TNI dalam rangka membantu pemerintah di bidang pendidikan.

Mengingat Kampung Monggoefi,lanjutnya, hanya memiliki sedikit tenaga pengajar sehingga Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista bergerak mengajarkan anak-anak di kampung tersebut untuk membaca dan menulis serta berhitung.

“Diharapkan dengan kegiatan yang dilakukan ini anak-anak binaan kami minimal bisa membaca, menulis dan berhitung, karena tiga aspek tersebut merupakan syarat utama untuk anak-anak dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas lagi,” kata Hengky.

Diakuinya, personel Satgas TNI senang sekali dapat mengajar anak-anak yang masih polos ini, yang masih belum tersentuh modernisasi serta gaya hidup masa kini.

"Suasananya sangat menyenangkan dengan mereka, seperti tidak ada jarak antara anak-anak dengan kami layaknya seorang guru dan murid,” tambah Hengky.

Baca juga: Satgas Pamtas bantu kemajuan dunia pendidikan-pertanian di perbatasan
Baca juga: Satgas TNI latih keterampilan warga di perbatasan buat bonsai
Baca juga: Satgas TNI beternak ikan lele di perbatasan RI-Papua

Pewarta: Muhsidin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021