Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan saat ini situasi kamtibmas aman dan tidak ada laporan perayaan HUT organisasi papua merdeka (OPM).
 
"Sampai pukul 10.30 WIT tidak ada laporan menonjol, termasuk perayaan HUT OPM," ungkap Irjen Pol Fakhiri kepada ANTARA, di Jayapura, Kamis.
 
Kapolda mengharapkan masyarakat tidak terpengaruh dengan isu-isu yang sengaja dihembuskan kelompok yang tidak bertanggung jawab terkait kegiatan peringatan HUT OPM.
 
"Selama saya bertugas di Papua sejak 2001 tidak pernah ada laporan gangguan kamtibmas yang menonjol, " kata Fakhiri seraya menambahkan gambar atau foto yang beredar sebagian diduga hasil editan.

Baca juga: Kapolda akui gangguan keamanan dilakukan KKB di Papua meningkat

Baca juga: Kapolda sebut teroris di Merauke masuk jaringan Ansharut Daulah
 
Jangan mudah percaya dengan isu yang sengaja dihembuskan kelompok tersebut dan TNI-Polri akan berupaya memberikan rasa aman ke masyarakat, ucap Irjen Pol Fakhiri.
 
Ketika ditanya tentang situasi di sepanjang perbatasan RI-PNG, Kapolda Papua menegaskan seperti hal diberbagai daerah di Papua hingga kini kondusif.
 
"Yang pasti hingga kini situasi kamtibmas nisbi aman dan tidak ada laporan peringatan HUT OPM," ujar Kolda Papua menegaskan.
 
OPM merupakan salah satu organisasi yang berupaya memisahkan Papua dari NKRI, dan setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai HUT OPM.

Baca juga: Kapolda Papua duga KKB di Kab. Puncak miliki 70 senpi

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021