Palu (ANTARA News) - Calon jemaah haji (calhaj) asal Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang tergabung di kelompok terbang (kloter) 15 BPN (Balikpapan) atau kloter terakhir, Ahad (15/11) terbang ke Bandara Embarkasi Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kloter yang terdiri sebanyak 181 calhaj itu bertolak dari Bandara Mutiara Palu dengan menggunakan maskapai penerbangan milik Lion Air.

Selanjutnya sesuai jadwal, mereka akan terbang ke Jeddah pada Senin (16/11) pukul 06.30 waktu setempat. Sebelumnya mereka juga akan singgah di Asrama Haji Balikpapan guna menjalani pemeriksaan kembali.

Sementara itu, ratusan anggota keluarga yang mengantar calhaj kloter 15 itu terlihat haru melepaskan familinya untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Mereka hanya bisa melihat dari kejauhan dari ruang antar penumpang sambil menyaksikan keluarganya memasuki pesawat hingga terbang meninggalkan landasan bandara.

Kloter 15 BPN sendiri terdiri atas 181 calhaj serta tim pemandu dan tim kesehatan haji sebanyak lima orang yang telah ditunjuk sebelumnya.

Kloter tersebut berasal dari Kabupaten Tolitoli sebanyak 126 orang, Kabupaten Tojo Una-Una (28), dan Kabupaten Buol (27).

Sebelumnya, lima kloter calhaj Sulteng telah bertolak ke Bandara Embarkasi Sepinggan, dan saat ini diperkirakan sudah sampai di Tanah Suci.

Secara keseluruhan, calhaj Sulteng musim keberangkatan 1430 Hijriah ini berjumlah 1.776 orang dan terbagi dalam enam kloter.

Jumlah tersebut belum ditambah tim kesehatan, tim pemandu, dan petugas lainnya yang berjumlah 15 orang, sehingga total yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 1.802 orang. (*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009