Palembang (ANTARA News) - Calon haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) tiba di asrama haji Palembang, Sumatra Selatan, Minggu, dalam kondisi fisik umumnya kelihatan sehat dan tetap bugar.

Pantauan diembarkasi haji Sumsel itu, calon haji asal kabupaten pemekaran Ogan Komering Ulu itu, terlihat tetap bersemangat walaupun telah menempuh perjalanan lebih kurang lima jam.

Calon haji yang menggunakan kendaraan mobil tersebut, dibagi dalam tujuh kelompok dan mereka tiba di asrama disambut panitia penyelenggara ibadah haji.

Calon haji asal kabupaten OKUT ini, akan diberangkatkan menuju tanah suci pada Senin (16/11), dengan menggunakan pesawat Garuda jenis Air Bus 330 seri 200 pemakaian April 2009.

Kasubag Humas Kanwil Departemen Agama Sumsel, Saefudin mengatakan, semua calon haji diharuskan masuk asrama dan menginap selama satu malam untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan sejak mereka masuk asrama, bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik mereka termasuk jumlah calon haji yang kemungkinan mengalami risiko tinggi, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemeriksaan itu merupakan hal yang sangat penting, mengingat pemerintah Arab Saudi melarang semua calon haji yang suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat celcius.

Sehubungan itu, panitia penyelenggaran ibadah haji harus melaksanakan pemeriksaan secara ketat termasuk suhu calon haji tersebut, ujar dia lagi.

Calon haji Sumsel yang akan berangkat untuk menunaikan Rukun Islam kelima tahun 2009 sebanyak 6.349 orang, ditambah jemaah asal Provinsi Bangka Belitung 937 orang.

Calon haji Sumsel dan Bangka Belitung itu, dibagai dalam 23 kelompok terbang yang pemberangkatan pertama pada 24 Oktober lalu.

Semua calon haji yang diberangkatkan melalui embarkasi haji Sumsel di Palembang, diharapkan dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk, sehingga mereka dapat menjadi haji mabur, kata dia pula.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009