Jakarta (ANTARA) - Komedian Bill Cosby, 83 tahun, dibebaskan dari penjara karena hukumannya dibatalkan Mahkamah Agung Pennsylvania, Amerika Serikat.

Dia pulang ke rumah pada Rabu, kurang dua jam setelah keputusan Mahkamah Agung Pennsylvania itu. Mahkamah Agung mengatakan Cosby seharusnya tak perlu menghadapi tuntutan setelah mantan jaksa wilayah Montgomery County Bruce Castor tidak jadi menuntut Cosby atas kasus pelecehan seksual pada 2005.

Cosby sudah dihukum lebih dari dua tahun atas 3 hingga 10 tahun masa hukumannya sejak 2018.

Cosby meninggalkan penjara SCI Phoenix pada 14.30 waktu setempat.

Sekitar satu jam kemudian, dia tiba di rumahnya yang megah di Elkins Park, pinggiran kota Philadelphia, sebelum akhirnya muncul sebentar bersama pengacaranya menemui para wartawan di sore hari.

Cosby yang tampak tersenyum lemah dan mengangguk ketika ditanya apakah dia senang berada di rumah tetapi tidak berbicara ketika wartawan meneriakkan pertanyaan. Kemudian, Cosby mengunggah pernyataan ke akun Twitter-nya, berterima kasih kepada para pendukungnya dan mengatakan, "Saya tidak pernah mengubah pendirian atau cerita saya. Saya selalu mempertahankan ketidakbersalahan saya."

Cosby terkenal karena perannya sebagai suami dan ayah yang menyenangkan dalam serial komedi televisi 1980-an "The Cosby Show," membuatnya mendapat julukan "America's Dad."

Tetapi reputasinya sebagai seorang pencinta keluarga itu hancur setelah lebih dari 50 wanita menuduhnya melakukan beberapa serangan seksual selama hampir lima dekade. Keyakinannya dilihat sebagai momen penting dalam gerakan #MeToo yang memunculkan serangkaian tuduhan terhadap orang-orang kuat di Hollywood dan sekitarnya.

Cosby dinyatakan bersalah karena membius dan menganiaya Andrea Constand, seorang karyawan di almamaternya Temple University, di rumahnya pada tahun 2004. Tuduhan Constand adalah satu-satunya tuduhan terhadap Cosby yang tidak terlalu tua untuk memungkinkan tuntutan pidana.

Keputusan pengadilan secara tegas melarang jaksa untuk mencoba kembali Cosby.

Dalam sebuah pernyataan, Constand dan pengacaranya mengatakan mereka tidak hanya kecewa dengan keputusan itu, tetapi juga khawatir hal itu dapat menghalangi korban lain untuk mencari keadilan.

"Sekali lagi, kami tetap berterima kasih kepada para wanita yang datang untuk menceritakan kisah mereka," kata mereka.

Pengacara Distrik Montgomery County Kevin Steele, yang mendakwa Cosby pada tahun 2015, mencatat juri menyatakan Cosby bersalah dan bahwa keputusan hari Rabu tidak didasarkan pada fakta kasus tersebut.

“Harapan saya, keputusan ini tidak akan menyurutkan pelaporan kekerasan seksual oleh korban,” katanya dalam sebuah pernyataan. "Kami masih percaya bahwa tidak ada seorang pun yang kebal hukum - termasuk mereka yang kaya, terkenal, dan berkuasa."

Jaksa negara bagian, Bruce Castor, disebut membuat kesepakatan dengan pengacara Cosby pada tahun 2005 untuk tidak mengajukan tuntutan pidana setelah menyimpulkan bahwa dia tidak dapat memenangkan hukuman.

Akibatnya, Cosby tidak dapat menghindari kesaksian sebagai bagian dari gugatan perdata yang diajukan Constand terhadapnya, karena terdakwa hanya dapat menolak untuk bersaksi ketika dihadapkan dengan tuntutan pidana.

Dalam pernyataan tersumpah, Cosby mengakui memberikan obat penenang pada wanita untuk memfasilitasi hubungan seksual, meskipun dia menyatakan bahwa mereka setuju. Dia akhirnya membayar Constand penyelesaian jutaan dolar.

Pengakuannya, yang kemudian disegel oleh hakim pada tahun 2015, membantu membentuk dasar untuk tuntutan pidana akhir tahun itu. Steele, yang baru saja mengalahkan Castor dalam pemilihan jaksa wilayah sebagian dengan mengkritiknya karena gagal menuntut Cosby, mendakwa Cosby beberapa hari sebelum undang-undang pembatasan ditetapkan berakhir.

Penuntutan Steele, pada dasarnya dianggap sama dengan mengingkari janji Castor sebelumnya untuk tidak menuntut Cosby, melanggar hak proses hukumnya, menurut Mahkamah Agung Pennsylvania,.

"Hanya ada satu obat yang dapat sepenuhnya mengembalikan Cosby ke status quo ante," tulis Hakim David Wecht untuk mayoritas empat hakim. "Dia harus dibebaskan, dan penuntutan di masa depan atas tuduhan khusus ini harus dilarang."

Seorang hakim yang berbeda pendapat mengatakan Cosby harus tetap di penjara, sementara dua lainnya mengatakan jaksa harus diizinkan untuk mengadilinya kembali tanpa bergantung pada bukti yang tercemar.

Castor menjadi berita utama nasional pada bulan Februari sebagai anggota tim pembela hukum mantan Presiden Donald Trump selama persidangan pemakzulan Trump di Senat AS. Mantan jaksa menyampaikan pernyataan pembukaan yang bertele-tele yang secara luas disorot oleh para senator, termasuk Partai Republik.

Dalam sebuah wawancara, Castor mengatakan kesepakatannya dengan Cosby adalah satu-satunya cara untuk memastikan dia akan membayar semacam hukuman melalui gugatan perdata.

"Saya merasa saya membuat keputusan yang tepat pada tahun 2005, dan saya masih melakukannya," katanya.

Persidangan pertama Cosby pada tahun 2017, berakhir dengan digantungnya keputusan juri di mana para juri tidak dapat mencapai keputusan bulat atas kesalahannya. Tetapi dia dinyatakan bersalah pada persidangan kedua, setelah hakim, Steven O'Neill, mengizinkan jaksa untuk memanggil lima penuduh sebelumnya - empat lebih banyak daripada di persidangan pertama.

Berbekal saksi-saksi itu, jaksa penuntut berpendapat bahwa serangan Cosby terhadap Constand adalah pelanggaran yang telah diasah dengan baik selama beberapa dekade: dia berteman dengan wanita yang lebih muda, bertindak sebagai mentor, hanya untuk menyerang mereka secara seksual, seringkali dengan bantuan obat-obatan.

Baca juga: Terjerat kasus kekerasan seksual, Bill Cosby sebut pengadilan tak adil

Baca juga: Bill Cosby dihukum sampai 10 tahun penjara

Baca juga: Korban Bill Cosby hanya minta "keadilan" dalam persidangan

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021