Elnusa gelar RUPST daring perdana pada 21 Juli, ini agendanya

Elnusa gelar RUPST daring perdana pada 21 Juli, ini agendanya

Gedung PT Elnusa Tbk. ANTARA/HO-Elnusa

Rencana tersebut sudah diumumkan melalui keterbukaan informasi ke Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan nomor surat L9.000D.013C-2021.046 tertanggal 29 Juni 2021
Jakarta (ANTARA) - PT Elnusa Tbk berencana menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) secara daring pada 21 Juli 2021.

Corporate Secretary Elnusa Ari Wijaya menjelaskan bahwa ini merupakan tahun pertama Elnusa menyelenggarakan RUPS Tahunan dengan dua mekanisme kehadiran yaitu hadir dalam rapat secara fisik juga secara elektonik melalui aplikasi eASY.KSEI.

"Rencana tersebut sudah diumumkan melalui keterbukaan informasi ke Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan nomor surat L9.000D.013C-2021.046 tertanggal 29 Juni 2021," kata Ari Wijaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Perseroan menyampaikan pemberitahuan penyelenggaraan RUPS pada pemanggilan rencana RUPST tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2020 dan RUPS Tahunan dijadwalkan akan berlangsung pada 21 Juli 2021 pukul 14.00. Tanggal daftar Pemegang Saham (DPS) yang berhak hadir dalam RUPS Tahunan (Recording Date) yakni per 28 Juni 2021.

Terdapat sejumlah agenda atau mata acara yang akan dibahas dalam RUPS Tahunan kali ini. Pertama, persetujuan laporan tahunan 2020 termasuk di dalamnya Laporan Pengawasan Dewan Komisaris dan pengesahan Laporan Keuangan Perseroan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020 dan kedua, penetapan penggunaan Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2020.

Kemudian ketiga, penetapan tantiem tahun 2020 dan remunerasi tahun 2021 bagi anggota Direksi dan Dewan Komisaris, lalu keempat, penunjukan akuntan publik untuk melakukan perhitungan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2021, kelima adalah persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan dan keenam yaitu persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan.

Ari menambahkan, pada mata acara rapat pertama sampai dengan keempat merupakan mata acara RUPS Tahunan sesuai dengan ketentuan dalam Anggaran Dasar Perseroan dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Mata acara rapat kelima merupakan perubahan susunan pengurus perseroan baik untuk anggota Direksi atau Dewan Komisaris yang akan habis masa jabatannya maupun untuk anggota Direksi atau Dewan Komisaris lainnya sesuai usulan dari pemegang saham pengendali Perseroan.

Ari juga menekankan bahwa khusus mata acara keenam merupakan kewajiban perseroan untuk melakukan penyesuaian anggaran dasar sehubungan dengan diterbitkannya POJK No 15/POJK.04/2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka. Termasuk di dalamnya melakukan RUPS secara daring/eRUPS.

Pemegang saham atau kuasanya yang hadir secara fisik dalam rapat sangat dibatasi dan wajib mengikuti protokol kesehatan dan keamanan yang diterapkan seperti memiliki hasil tes uji negatif COVID-19 Antigen atau swab PCR dengan pengambilan sampel 1 hari sebelum RUPS Tahunan berlangsung, menggunakan masker dengan standar 2 lapis atau jenis KN95 selama berada di area dan tempat rapat dan memiliki suhu di bawah 37°C. Sehingga diharapkan pemegang saham atau kuasanya dapat hadir secara daring, eRUPS.

Melihat kondisi penyebaran COVID-19 saat ini semakin meningkat, Ari berharap bahwa kehadiran secara virtual sangat diharapkan dengan mengakses aplikasi (eASEY.KSEI) dalam tautan https://akses.ksei.co.id/. Pemegang Saham yang akan menghadiri rapat di luar mekanisme eASY.KSEI dapat mengunduh surat kuasa yang terdapat dalam situs web.

"Kami menyadari bahwa pelaksanaan eRUPS ini bisa jadi hal baru bagi pemegang saham, maka perseroan akan memfasilitasi permintaan keterangan tambahan. Informasi selengkapnya dapat mengunjungi tautan https://bit.ly/RUPST2021_ELSA," kata Ari.

Elnusa adalah perusahaan solusi total jasa energi dengan kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang. Saat ini, Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips dan Soco Exploration (Vietnam) Ltd.

Baca juga: Elnusa rampungkan eksplorasi cadangan migas di Kutai Timur

Baca juga: Elnusa dapatkan penghargaan migas terbaik dari IAGI

Baca juga: Elnusa rampungkan hydraulic genjot produksi migas

Baca juga: Elnusa catatkan sukuk Rp700 miliar dengan imbal hasil 9 persen

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar