AsiaNet 90385

Kyoto, Jepang, 1 Juli 2021 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) -

- Berkontribusi untuk Mewujudkan Masyarakat Terdekarbonisasi dengan Meningkatkan Efisiensi Energi melalui Penekanan Pembentukan Panas -

OMRON Corporation yang berbasis di Kyoto, Jepang, mengumumkan peluncuran global Relay PCB Berdaya Tinggi G9KA pada 1 Juli 2021. Produk ini meningkatkan efisiensi pembangkit listrik dari sistem pembangkit PV dengan meminimalisir kehilangan energi yang disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh pengkondisi daya, peralatan catu daya, dan peralatan terkait yang digunakan dalam sistem pembangkit listrik tenaga surya. Resistensi kontak ultra-rendah terdepan di industri(*1) sebesar 0,2milliohm(*2) menekan panas yang dihasilkan oleh relay tersebut dan meningkatkan efisiensi pembangkit daya dari sistem pembangkit listrik tenaga surya, sehingga mempercepat penyebaran energi terbarukan dan berkontribusi untuk mewujudkan masyarakat terdekarbonisasi.

Gambar1: Relay PCB berdaya tinggi "G9KA" dengan Resistensi Kontak Ultra-rendah

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan sumber daya energi yang terbatas secara efektif telah menjadi masalah sosial utama, dan ada kebutuhan akan konversi energi yang sangat efisien dalam produksi energi yang berkelanjutan. Di sisi lain, fasilitas pembangkit listrik yang menggunakan energi terbarukan, seperti tenaga surya, menghasilkan kehilangan energi karena panas yang dihasilkan oleh peralatan selama pembangkitan listrik, dan kapasitas dan arus fasilitas dan peralatan meningkat; oleh karena itu, penanggulangan terhadap pembentukan panas telah menjadi isu yang mendesak.

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan peralatan menghasilkan panas adalah relay yang dipasang pada papan PC di dalam peralatan. Relay adalah komponen yang digunakan untuk menjalankan kontrol ON/OFF arus listrik yang mengalir melalui peralatan saat dihubungkan dengan sistem daya, dan untuk pemutusan pengaman dalam keadaan darurat. Relay berdaya tinggi konvensional memiliki nilai resistensi kontak yang tinggi. Jadi, kehilangan energi karena pembentukan panas telah menjadi masalah. Ada kasus di mana mekanisme pembuangan panas seperti heatsink dan kipas pendingin harus dipasang di dalam peralatan sebagai tindakan pencegahan terhadap pembentukan panas, dan kasus di mana kerusakan papan PC karena panas yang dihasilkan oleh relay tersebut menyebabkan penurunan usia peralatan yang tahan lama.

G9KA dapat mengurangi kenaikan suhu relay sekitar 30%(*3)--dibandingkan dengan relay berdaya tinggi konvensional--dengan menurunkan resistensi kontak ke 0,2milliohm(*2) terdepan di industri(*1). Produk ini membantu mengurangi ukuran dan berat peralatan dengan menyederhanakan heatsink dan kipas pendingin yang dipasang sebagai tindakan pencegahan terhadap pembentukan panas. Selain itu, menekan panas yang dihasilkan oleh relay tersebut menyebabkan penurunan kenaikan suhu papan PC, sehingga berkontribusi pada umur panjang peralatan.

OMRON akan terus berkontribusi untuk mewujudkan masyarakat terdekarbonisasi melalui produk dan layanan pelanggannya dengan menciptakan perangkat dan modul canggih berdasarkan teknologi yang telah dikembangkannya selama bertahun-tahun dan menyediakannya secara global.

Gambar2: Aplikasi Utama

Fitur Utama G9KA
(1) Resistensi kontak ultra-rendah terdepan di industri(*1) (0,2milliohm) menekan pembentukan panas
-Menurunkan resistensi kontak relai ke 0,2milliohm(*2) dapat menekan kenaikan suhu relay sekitar 30%(*3) dibandingkan dengan relay berdaya tinggi konvensional.

-Penyederhanaan mekanisme pembuangan panas, seperti heatsink yang dipasang di peralatan sebagai tindakan pencegahan terhadap pembentukan panas, mengurangi jumlah suku cadang dan mengoptimalkan desain, sehingga berkontribusi pada perampingan dan pengurangan bobot peralatan.

-Kenaikan suhu dan kerusakan papan PC dapat dikurangi dengan menekan panas yang dihasilkan oleh relay, sehingga berkontribusi pada umur panjang peralatan.

Gambar3: Perbandingan hasil kenaikan suhu ketika relay 200A diberi energi (simulasi)

(2) Mendukung aplikasi berkapasitas tinggi
Mampu memberi energi dan menghilangkan energi 200A (800 VAC), produk ini dapat digunakan dalam peralatan dan aplikasi di mana beban arus yang besar perlu dikurangi, dan juga dapat menggantikan kontaktor yang terutama digunakan untuk aplikasi kontrol daya berkapasitas tinggi. Dibandingkan dengan kontaktor dengan kapasitas arus yang sama, ketinggian komponen berkurang menjadi sekitar 1/3(*4), yang berkontribusi pada pengecilan ukuran dan penghematan ruang peralatan.

Gambar4: Perbandingan ketinggian saat komponen dipasang pada papan PC (hanya untuk tujuan ilustrasi)

Tentang relay PCB berdaya tinggi G9KA

Catatan:
(*1) Terdepan di industri: Menurut penelitian OMRON per Mei 2021
        Perbandingan nilai katalog untuk relay dengan arus maksimal 200A

(*2) 0,2milliohm: Nilai resistensi kontak awal di bawah kondisi 200A, 30 menit

(*3) Sekitar 30%: Menurut penelitian OMRON per November 2020
        Perbandingan kenaikan suhu saat 200A diberi energi dengan relay dengan kinerja setara G9KA

(*4) Sekitar 1/3: Menurut penelitian OMRON per Mei 2021

Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi:

Tentang OMRON Corporation:

Sumber: OMRON Corporation

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021