Palembang (ANTARA News) - Dana bantuan transportasi untuk calon haji Sumsel dari pemerintah provinsi setempat terealisasi sebesar Rp6 miliar lebih. Dana bantuan transportasi lokal calon haji di Tanah Suci itu sebesar Rp1 juta per orang, kata Kepala Kanwil Depag Sumsel, H Najib Haitami di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, dana bantuan transportasi lokal calon haji Sumsel sebesar Rp1 juta per orang itu diberikan dalam bentuk uang riyal yakni 333 riyal ditambah Rp1.000,- per calon haji.

Selain calon haji, petugas haji Sumsel juga mendapat bantuan dana transportasi lokal tersebut, katanya.

Ia mengatakan, jumlah calon haji Sumsel sebanyak 6.349 orang, tetapi yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 6.293 orang terbagi dalam 20 kelompok terbang (Kloter).

Sedangkan petugas haji yang berangkat setiap Kloter berjumlah lima orang sehingga total sebanyak 100 orang, ujarnya pula.

Sementara itu Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyatakan, bantuan dana transportasi lokal haji tersebut akan berlanjut pada tahun 2010 nanti.

Untuk tahun 2010 nanti bantuan dana transportasi haji itu sudah dianggarkan di APBD Sumsel, kata dia lagi.

Calon haji Sumsel yang tergabung dalam Kloter 23, Sulastri (57) mengatakan, ucapan terima kasih kepada Gubernur Sumsel, karena telah memberikan bantuan transportasi haji tersebut.

Dana bantuan transportasi haji dari Pemerintah Provinsi Sumsel itu sangat membantu sekali, kata dia lagi.

Ia menuturkan, untuk berangkat haji pada tahun 2009 ini, ia menabung selama 10 tahun, karena dirinya hanya pensiunan pegawai negeri sipil.

Dengan bantuan uang transportasi haji itu tentunya bisa meringankan biaya transportasi di Tanah Suci nanti, demikian Sulastri.(*)


Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009