Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar. Tentu ke depan tidak hanya dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, tapi bisa lebih luas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,"
Jakarta (ANTARA) - IPB University dan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menyepakati kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU).

"Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan lancar. Tentu ke depan tidak hanya dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, tapi bisa lebih luas dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," ujar Rektor IPB University Arif Satria dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Arif mengatakan kerja sama ini mendorong inovasi IPB University dapat dimaksimalkan untuk pengembangan pertanian di daerah. Inovasi yang dihasilkan IPB University diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah.

Ia mencontohkan pengelolaan sampah di Kampus IPB University di Dramaga. Sampah dikelola di dalam kampus secara mandiri, diolah sampai menghasilkan pupuk. Langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah dalam mengelola sampah di wilayahnya.

Sementara itu, Plt Bupati Ogan Komering Ulu Edward Chandra mengatakan wilayahnya memiliki potensi sumber daya yang besar, terutama di sektor pertanian dan perkebunan.

Ia menyadari bahwa Kabupaten OKU perlu dukungan perguruan tinggi sebagai lumbung peneliti dan inovasi. Dengan dukungan tersebut, ia yakin hal itu akan mampu melakukan percepatan pembangunan di daerah-daerah di Indonesia.

"Banyak potensi Ogan Komering Ulu yang bisa dikerjasamakan bersama perguruan tinggi. Terutama IPB University sebagai gudang inovasi. Dari sini kita bisa banyak belajar, seperti contoh jagung bisa dimanfaatkan untuk berbagai produk olahan, atau seperti beras analog," demikian Edward.

Baca juga: Sumsel pertama sambut sekolah peternak rakyat IPB

Baca juga: Wamendes: IPB paling siap selenggarakan "One CEO One Village"

Baca juga: IPB kirim mahasiswa perencanaan ekowisata ke Indramayu


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021