Jakarta (ANTARA) - Mark Cavendish melanjutkan "comeback"-nya di Tour de France setelah pebalap sepeda asal Inggris itu mengklaim kemenangan etape untuk kedua kalinya musim ini setelah mengeksekusi sprint dengan sempurna pada Kamis.

Pebalap tim Deceuninck-QuickStep itu sekarang mengoleksi 32 kemenangan etape di Tour dan terpaut dua dari rekor sepanjang masa yang dipegang pebalap Belgia Eddy Merckx di saat ia kembali bertarung di ajang balap sepeda bergengsi di dunia itu untuk pertama kalinya sejak 2018.

Pebalap berusia 36 tahun tersebut menyelesaikan kerjasama yang dibangun rekan-rekan satu timnya di lintasan lurus terakhir dengan dipimpin oleh Michael Morkov.

Cavendish menjadi yang terdepan melintasi garis finis di etape rute datar sepanjang 160,6km dari Tours ke Chateauroux mengalahkan pebalap Belgia Jasper Philipsen dan pebalap Prancis Nacer Bouhanni

Itu merupakan kemenangan ketiga bagi Cavendish di Chateauroux, di mana ia meraih kemenangan pertama etape di Tour pada 2008.

Sebelumnya, setelah memenangi etape 4, Cavendish mengatakan ia tak pernah mengira bisa kembali ke Tour menyusul sejumlah musim yang berat termasuk ketika ia berperang melawan virus Epstein-Barr dan depresi.

Baca juga: Cavendish nyatakan dirinya sukses kalahkan depresi

"Saya tidak tahu mau mengatakan apa. Berada di sini cukup spesial... Saya tidak mengira bisa kembali ke balapan ini.

"Saya kira tidak akan pernah bisa kembali ke balapan ini. Ketika Anda datang ke Deceuninck-QuickStep, mereka mempunyai para pebalap terbaik di dunia, jadi bahkan tak terbayangkan bisa datang ke sini.

Cavendish pindah ke tim asal Belgia itu tahun lalu menyusul kekhawatiran dia akan terpaksa pensiun pada November.

Sementara itu pebalap Belanda Mathieu van der Poel mempertahankan kaus kuning sebagai pemimpin klasemen umum.

Juara bertahan Tadej Pogacar membayangi di peringkat kedua dengan selisih delapan detik diikuti Wout van Aert (+30") dan Julian Alaphilippe (+48") di peringkat empat besar.

Etape ketujuh, yang paling terpanjang di Tour tahun ini, pada Jumat akan menempuh jarak 249,1km dari Vierzon ke Le Creusot sebelum para pebalap memfokuskan energi mereka ke etape pegunungan pada Sabtu, demikian Reuters.

Baca juga: Julian Alaphilippe juarai etape pembuka Tour de France
Baca juga: Merlier juarai etape 3 Tour de France saat rival bertumbangan
Baca juga: Pogacar juara etape 5, Van der Poel pertahankan kaus kuning

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021