Sepak Bola Dunia

Pengadilan Spanyol perintahkan UEFA tak sanksi tim-tim Liga Super

Pengadilan Spanyol perintahkan UEFA tak sanksi tim-tim Liga Super

Trio inisiator Liga Super Eropa yang masih bertahan Real Madrid, Barcelona dan Juventus menanggapi pengumuman UEFA yang memulai penyelidikan disipliner terhadap ketiganya. ANTARA/Gilang Galiartha.

Jakarta (ANTARA) - Sebuah pengadilan komersial di Madrid, Spanyol, pada Kamis memerintahkan UEFA untuk membatalkan sanksi apapun yang mereka jatuhkan kepada trio inisiator Liga Super Eropa yakni Real Madrid, Barcelona dan Juventus.

Pengadilan itu juga memerintahkan UEFA tidak mengambil langkah lebih jauh dalam upaya mengucilkan ketiga tim, yang bersikeras tetap melanjutkan proyek Liga Super setelah sembilan klub inisiator lainnya mundur, dari kompetisi-kompetisi di bawahnya termasuk Liga Champions.

Pengadilan tersebut juga menyatakan UEFA tidak bisa memaksa inisiator proyek Liga Super Eropa membubarkan diri dan mencegah otoritas sepak bola itu menjatuhkan denda 100 juta euro (sekira Rp1,7 triliun) kepada klub-klub inisiator.

Pengadilan itu juga memerintahkan Liga Premier Inggris maupun federasi sepak bola Italia, FIGC, membatalkan sanksi apapun terhadap 12 klub inisiator Liga Super.

Baca juga: Ceferin sewot tuding Juventus, Madrid dan Barca ancam UEFA
Baca juga: Juve, Barca dan Madrid dipastikan main di Liga Champions musim depan


Proyek Liga Super Eropa diumumkan pada April tapi tak sampai tiga hari kemudian sembilan klub inisiator mundur karena desakan dan kritik dari suporter, pemerintah, pemain, pelatih hingga masyarakat sepak bola pada umumnya.

Guna mencegah hal sama berulang, UEFA menjatuhkan penalti tegas tetapi penyelidikan disipliner terhenti pada Juni.

Sembilan klub yang mundur adalah AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Inter Milan, Liverpool, Manchester City, Manchester United dan Tottenham Hotspur.

Sedangkan Real Madrid, Barcelona dan Juventus terus mempertahankan proyek mereka, sembari merilis pernyataan bersama pada Mei, mengkonfrontasi tekanan pihak ketiga maupun tekanan terhadap proyek tersebut, demikian Reuters.

Baca juga: Agnelli berkilah Liga Super Eropa demi selamatkan industri sepak bola
Baca juga: Enam tim besar Liga Inggris akan didenda karena Liga Super Eropa
Baca juga: Real Madrid, Barca dan Juve sebut UEFA langgar perintah legal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Membentuk generasi pemain bola yang sportif sejak usia dini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar