Kemarin, buku wisata halal hingga pembukaan Bali ditunda

Kemarin, buku wisata halal hingga pembukaan Bali ditunda

Ilustrasi - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi agrowisata Alas Harum di kawasan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. ANTARA/Naufal Fikri Yusuf.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 menggantikan Rosan Perkasa Roeslani dan rencana pembuatan buku wisata halal Indonesia kemarin.

Simak pemberitaan di bidang ekonomi lainnya yang masih menarik untuk dibaca hari ini. Berikut rangkumannya.


1. Menparekraf dukung rencana pembuatan buku wisata halal Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) Sandiaga Uno mendukung penuh rencana pembuatan buku mengenai wisata halal Indonesia yang digagas oleh Forum Akademisi Indonesia (FAI).

"Tentu, untuk menambah khazanah dan diskursus mengenai wisata halal di Indonesia, saya mendukung langkah yang disiapkan Forum Akademisi Indonesia yang menggagas penulisan buku ini," katanya dalam diskusi virtual FAI-Kemenparekraf, yang diikuti dari Serang, Banten, Kamis (1/7).


2. Arsjad Rasjid ditetapkan sebagai Ketum Kadin Indonesia 2021-2026

Direktur Utama PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Induatri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 menggantikan Rosan Perkasa Roeslani.

"Alhamdulillah kita baru saja melewati proses persidangan dalam acara Munas nasional Kadin Indonesia pada tahun 2021 ini. Alhamdulillah bapak-bapak, ibu-ibu sekalian telah memberikan amanah kepada saya untuk menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026," kata Arsjad di hadapan peserta Munas ke VIII Kadin di Kendari, Kamis.


3. Kasus COVID-19 meningkat, pembukaan kembali Bali untuk wisman ditunda
 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembukaan kembali Bali untuk wisatawan mancanegara (wisman) kemungkinan akan ditunda menyusul terjadinya peningkatan kasus COVID-19, terlebih dengan adanya varian Delta.

"Kalau Bali, saya kira jawabannya Anda sendiri bisa jawablah. Kan 'ndak mungkin dibuka lagi dengan ada (varian) Delta ini," katanya dalam konferensi pers virtual tentang PPKM Darurat, Kamis.
 

4. Kemenperin: Industri kian ekspansif dengan harga gas kompetitif

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menilai pemberlakuan harga gas industri sebesar 6 dolar AS per Million British Thermal Unit (MMBTU) dapat memberikan efek ganda yang luas, mulai dari peningkatan utilitas produksi dan nilai ekspor hingga penambahan investasi.

“Penerapan kebijakan gas industri dengan harga tertentu ini sebagai wujud nyata upaya pemerintah dalam rangka menciptakan iklim usaha yang kondusif. Diharapkan gairah usaha dari sektor industri bangkit kembali di tengah kondisi pandemi saat ini,” kata Direktur Industri Kimia Hulu Kemenperin Fridy Juwono di Jakarta, Kamis.

 

5. Pemerintah pastikan kembali berikan bansos saat PPKM Darurat

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali memastikan pemerintah akan kembali memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Tadi kami sepakat bansos akan digulirkan lagi. Tadi Bu Risma (Menteri Sosial), Bu Menteri Keuangan, Gubernur BI dan beberapa teman lain, kami sudah bertemu dan kami sudah sepakat untuk ini semua kita bantu lagi," katanya dalam konferensi pers virtual tentang PPKM Darurat, Kamis.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Uji coba pembukaan, Bali hanya izinkan wisata alam & budaya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar