Kelebihan pasien COVID-19, IGD RSUD Wates Kulon Progo tutup

Kelebihan pasien COVID-19, IGD RSUD Wates Kulon Progo tutup

RSUD Wates Kabupaten Kulon Progo. (Foto ANTARA/Sutarmi)

dari kapasitas maksimum 35 orang, saat ini bangsal isolasi diisi oleh 45 orang
Kulon Progo (ANTARA) - Pelayanan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tutup sementara karena ada antrean panjang pasien terkonfirmasi COVID-19 yang belum mendapat ruang perawatan.

Penutupan itu mulai dari Jumat pukul 12.00 WIB sampai Sabtu (3/7) 20.00 WIB

"Kebijakan penutupan ini sudah kami kami koordinasikan terlebih dahulu kepada pemangku kepentingan. Kami sangat berat hati menutup pelayanan Instalasi Gawat Darurat. Kita berdoa ada pergerakan pasien terkonfirmasi COVID-19 bisa masuk dalam ruang perawatan khusus," kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD Wates Ananta Kogam Dwi Korawan di Kulon Progo, Jumat.

Baca juga: Puluhan tenaga kesehatan di Kulon Progo terpapar COVID-19

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kulon Progo, pada Kamis (1/7), kapasitas tempat tidur RSUD Wates sebanyak 30 tempat tidur (TT) dengan rincian ICU kapasitasnya enam pasien sudah terisi empat pasien, tempat tidur khusus pasien COVID-19 sebanyak 24 dan sudah sudah isi 22 pasien, sedangkan antrean di IGD sebanyak tujuh pasien.

Ia mengatakan penutupan dilakukan karena adanya lonjakan jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 dan suspek yang dirawat di bangsal isolasi rumah sakit rujukan COVID-19 ini.

Baca juga: IGD RSUD NAS Kulon Progo ditutup karena kekurangan oksigen

Selain itu, saat ini, yang sudah dilakukan pihaknya adalah menutup dua bangsal isolasi yang penuh. Ke depan akan dilakukan penambahan kapasitas ruang isolasi dari 30 tempat tidur menjadi 62 tempat tidur. Penambahan kapasitas diupayakan secepatnya.

"Hingga sebelum 12.00 WIB, dari kapasitas maksimum 35 orang, saat ini bangsal isolasi diisi oleh 45 orang. Sedangkan isolasi di IGD yang berkapasitas lima tempat tidur sekarang diisi 15 pasien. Artinya "overload" 10 pasien dan ini sangat berisiko penularan ke pasien yang lain," katanya.

Baca juga: Zona kuning RT di Kulon Progo alami peningkatan hingga menjadi 676 RT

Ananta Kogam mengatakan bahwa pelayanan Instalasi Gawat Darurat RSUD Wates ditutup sementara, namun bagi pasien umum bisa melakukan konsultasi dan telemedicine ke nomor 0821 3672 0672.

"Kami masih memberikan pelayanan kepada pasien umum yang mau melakukan konsultasi dan telemedicine," katanya.

Baca juga: Separuh karyawan Puskesmas Pengasih II Kulon Progo terpapar COVID-19

Baca juga: Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kulon Progo pecahkan rekor 295 kasus

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden resmikan Yogyakarta International Airport

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar