KKP raih peringkat dua Penilaian Kompetensi BKN Award 2021

KKP raih peringkat dua Penilaian Kompetensi BKN Award 2021

Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar. ANTARA/HO-KKP

Prestasi ini menjadi pemicu semangat untuk para pegawai terus bekerja melayani masyarakat kelautan dan perikanan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meraih peringkat dua untuk kategori Penilaian Kompetensi dalam ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2021, yang diumumkan dalam Forum Evaluasi Pengelolaan Manajemen Kepegawaian se-Indonesia.

"Ini tentu kabar gembira untuk kami di KKP. Prestasi ini menjadi pemicu semangat untuk para pegawai terus bekerja melayani masyarakat kelautan dan perikanan," kata Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar, dalam rilis di Jakarta, Jumat.

Peringkat satu kategori Penilaian Kompetensi penghargaan tersebut diraih oleh Kementerian Keuangan, dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berada di posisi ketiga.

Antam menambahkan di tengah pandemi COVID-19 dan kompleksitas permasalahan pembangunan kelautan dan perikanan, seluruh jajaran KKP dituntut bekerja dengan dedikasi tinggi dan profesional berbasis kompetensi masing-masing.

"Ini bukan kali pertama KKP menjadi juara dalam BKN Award yang sudah berlangsung sejak tahun 2015. Tahun lalu, KKP meraih peringkat dua untuk kategori Penilaian Kinerja," jelas Antam.

Antam mengatakan, pihaknya rutin melakukan penilaian kinerja jajaran KKP untuk mendorong peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang ada di lingkup KKP.

Selain itu, ujar Sekjen KKP, program-program yang berkaitan dengan beasiswa pendidikan, jabatan, hingga pola karier disampaikan secara terbuka kepada para pegawai.

"Pegawai itu aset kita dalam melayani masyarakat, sehingga butuh human capital treatment agar kompetensi mereka terjaga dan bahkan terus meningkat," ujar Antam.

Sebagai informasi, BKN kembali menggulirkan ajang BKN Award 2021 bagi Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) sebagai instansi pengelola kepegawaian terbaik dari penilaian indeks implementasi norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penilaiannya meliputi penyusunan dan penetapan kebutuhan; pengadaan ASN; pengangkatan ASN; pangkat; jabatan; pola karier; pengembangan karier ASN; mutasi; penilaian kinerja; penggajian, tunjangan, dan fasilitasi; penghargaan; disiplin; cuti; kode etik; pemberhentian; jaminan pensiun dan hari tua; pensiun; dan perlindungan.

Instansi pemenang BKN Award 2021 ditetapkan berdasarkan masing-masing kategori instansi, yakni Instansi Pusat melingkupi Kementerian dan Lembaga Negara/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK); dan Instansi Daerah meliputi Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, serta Pemerintah Kota sebagai pelaksana manajemen ASN.

Baca juga: KKP yakini peningkatan ekspor ungkit kinerja ekonomi masa pandemi
Baca juga: Menteri Trenggono ingin kinerja KKP bangkit kembali
Baca juga: Sinergi pemda dan nelayan perkuat kinerja pangan sektor perikanan
Baca juga: DPR harapkan KKP terus buat terobosan meski ada refocussing anggaran

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KSP nilai masyarakat berhak tahu kinerja pemerintah z

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar