Denpasar (ANTARA) - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho menyerahkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk membantu penanggulangan dampak pandemi kepada Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Karangasem dan Jangkar Pemuda Nusantara.

"Pandemi COVID-19 yang berlangsung sekitar 15 bulan ini berdampak cukup kuat terhadap kehidupan masyarakat di Provinsi Bali, terutama dalam pemenuhan kebutuhan dasar pangan bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah," kata Trisno Nugroho di sela penyerahan PSBI itu di Denpasar, Jumat.

Baca juga: ACT dan BI Bali salurkan bantuan untuk lansia di Kabupaten Bangli

Menurut dia, dengan kesulitan tersebut telah mengakibatkan lemahnya imunitas masyarakat, sehingga upaya pencegahan COVID-19 tidak dapat dilakukan secara optimal.

Oleh karena itu, ujar Trisno, Bank Indonesia berperan aktif dalam penanggulangan pandemi COVID-19, di antaranya dalam kegiatan tersebut diserahkan 1.000 paket bahan pokok kepada Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Karangasem.

"Bantuan itu nantinya akan disalurkan kepada warga di Kabupaten Karangasem yang terdampak COVID-19," ujarnya.

Pemilihan Kabupaten Karangasem sebagai penerima bantuan, kata Trisno, karena termasuk daerah yang tertinggal dan ditambah dengan dampak pandemi.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan satu unit mobil ambulans kepada Jangkar Pemuda Nusantara untuk mempercepat penanganan warga yang terpapar COVID-19. PSBI juga diberikan dalam bentuk bantuan mebeler kepada Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali.

"Seluruh penyerahan program sosial Bank Indonesia hari ini merupakan sinergi antara Bank Indonesia dengan Anggota Komisi XI DPR I Gusti Agung Rai Wirajaya," ucapnya.

Trisno berharap dengan penyerahan PSBI itu dapat menjadi inspirasi bagi lembaga atau pihak lain untuk kabupaten/kota di Provinsi Bali.

Sementara itu, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali I Made Rentin mengatakan Gerakan Pramuka mulai dari Kwartir Nasional, Daerah, dan Cabang merupakan bagian integral dari perjuangan bangsa, terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Baca juga: BI dorong peningkatan produksi pangan agrowisata terpadu

Baca juga: BI: "Work from Bali" tahan laju kontraksi ekonomi Pulau Dewata


"Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali juga telah membuat Program Pramuka Penolong, yakni satu Pramuka bisa mengantar dua lansia untuk bisa mendapatkan vaksin," katanya.

Terkait penyediaan mebeler baru itu untuk melengkapi sarana prasarana di Gedung Pusdiklat dan Wisma Diklat yang berlokasi di Bumi Perkemahan Pramuka Margarana Tabanan. Pembaruan mebeler tersebut guna mendukung pelaksanaan berbagai program Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali tahun 2021.

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya mengatakan PSBI yang disalurkan oleh Bank Indonesia merupakan salah satu wujud komitmen BI dalam memberi makna nyata bagi perekonomian Indonesia.

Kegiatan penyerahan diakhiri dengan Edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah oleh Tim Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan diikuti oleh seluruh anggota pramuka yang hadir secara luring maupun daring.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021