Liga 1 Indonesia

Liga Indonesia ditunda, Menpora minta pecinta sepak bola bersabar

Liga Indonesia ditunda, Menpora minta pecinta sepak bola bersabar

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memimpin rapat koordinasi di Wisma Auditorium Kemenpora, Jakarta, Selasa (8/6/2021). Rapat tersebut membahas penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Oktober mendatang. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/hp,

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta kepada masyarakat pecinta sepak bola Tanah Air untuk bersabar setelah penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 diputuskan untuk ditunda.

Liga 1 awalnya direncanakan dimulai pada 10 Juli. Namun kurang dari dua pekan menjelang kick-off, PSSI dan PT LIB mengumumkan bahwa Liga 1 musim kompetisi 2021 ditunda karena meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

“Kepada klub, masyarakat umum yang tadinya sudah siap-siap mau menonton mohon bersabar, tolong dimaklumi. Jadi keputusan ini (penundaan) dalam rangka pemerintah menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat. Itu yang utama,” kata Zainudin dalam siaran pers, Jumat.

Baca juga: PSSI: Liga 1-2 ditunda sampai akhir Juli 2021

Menurut Zainudin, situasi pandemi saat ini berbeda dengan waktu pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 pada Maret-April lalu. Sebab, kasus COVID-19 sekarang melonjak bahkan berkali-kali lipat.

Dia pun meminta kepada masyarakat Indonesia agar tetap patuh menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Apabila jumlah COVID-19 mulai menurun, ia yakin kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 akan kembali terselenggara.

"Mohon masyarakat memaklumi itu dan mendoakan agar pandemi segera selesai serta yang terpenting tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga nantinya kompetisi sepak bola Liga 1 dan liga 2 bisa jalan lagi," tuturnya.

Baca juga: Klub-klub Liga 1 tunggu kebijakan PSSI-LIB setelah kompetisi ditunda

Dengan adanya penundaan itu, Zainudin juga meminta kepada klub-klub yang ada di Pulau Jawa untuk berkoordinasi dengan PSSI dan PT LIB terkait kepastian apakah mereka harus kembali ke daerah atau bertahan di tempat masing-masing selama PPKM Darurat.

“Apakah mereka harus bertahan di Jawa atau mereka akan kembali ke tempatnya masing-masing, itu harus dikomunikasikan ke PSSI. Memang waktu menunggunya satu bulan ini juga kan bukan waktu yang singkat,”

“Kalau pemerintah, pertama mengimbau karena mereka sedang berada di zona yang sekarang ini menjadi perhatian serius. Maka menjaga kedisiplinan prokes dan yang kedua adalah segera berkomunikasi dengan federasi apa yang mereka harus dilakukan,” pungkas dia.

Baca juga: Pelatih Persija ambil sisi positif dari penundaan Liga 1
Baca juga: Persebaya pahami keputusan penundaan Liga 1 Indonesia
Baca juga: LIB belum berencana gelar Liga 1 di luar Jawa


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora pastikan Liga 2 digelar tanpa penonton

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar