Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga aktif melapor ke posko penanganan COVID-19 yang diisi unsur pemda, TNI dan Polri di tiap kelurahan jika menemukan warga lainnya diduga terpapar COVID-19.

"Bila masyarakat butuh bantuan datangi posko yang ada di Kelurahan di sana ada posko-posko yang ada unsur pemda, polisi dan TNI. Bila Anda menemukan warga yang dicurigai terpapar hubungi posko, minta bantuan, jangan didiamkan," kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jumat.

Bila didiamkan menular lebih banyak lagi. "Para Ketua RT dan Ketua RW harus aktif untuk mengidentifikasi," kata Anies.

Pemprov DKI menyiapkan tempat penampungan pasien COVID-19 tambahan, yakni di Gedung JIExpo Kemayoran untuk menampung 24 ribu orang. Kemudian di masing-masing wilayah Jakarta disiapkan tempat untuk menampung sekitar 5.000 orang.

"Kita tidak ingin bila terpapar tidak terlindungi, tidak terlayani. Silahkan bawa, antar. kami akan siapkan," katanya.

Baca juga: Polda Metro ancam sita sepeda warga yang melanggar PPKM Darurat
Baca juga: Jakarta darurat, Anies minta warga di rumah mulai Jumat malam ini


Meski dalam keadaan darurat, Anies meminta masyarakat tetap optimistis dan yakin bahwa negara dan pemerintah tetap hadir dan akan melindungi, akan mengayomi setiap warga yang mendapatkan masalah akibat COVID-19.

Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk membangun solidaritas sosial, bergotong-royong dan membantu apabila di kampungnya atau di kompleknya ada keluarga yang mengalami kesulitan akibat COVID-19.

"Mari kita saling tolong, Mari kita saling bantu, kita tunjukkan bahwa ini adalah Bangsa Indonesia yang gotong-royong, yang saling melindungi. Karena pada saat pembatasan pasti ada kesulitan, ekonomi, pangan dan lainnya mari kita bantu sesama," kata Anies.

"Kita semua termasuk Ketua RT dan RW menjadi garda terdepan Insya Allah bisa melindungi semua," katanya.

Indonesia kembali mencetak rekor 25.830 kasus baru COVID-19 pada Jumat ini. Total kasus positif saat ini sebanyak 2.228.938.

Baca juga: Warga Jakarta hanya boleh berolahraga di lingkungannya
Baca juga: Anies anjurkan penjualan hewan kurban secara daring


Provinsi DKI Jakarta mencatat penambahan kasus terbanyak dengan jumlah 9.399 kasus. Di bawahnya, terdapat Jawa Barat dengan 4.920 kasus dan Jawa Tengah dengan 2.538 kasus.

Untuk Jakarta, kasus harian 9.399 kasus tersebut merupakan rekor tertinggi selama pandemi.

Untuk tren kasus positif aktif pada anak di bawah usia 18 tahun masih bertambah. Sebanyak 15 persen dari total kasus positif hari ini adalah anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Rinciannya, 1.056 kasus adalah anak usia 6-18 tahun dan 360 kasus adalah anak usia 0-5 tahun. Sisanya, 7.198 kasus adalah usia 19-59 tahun dan 785 kasus usia 60 tahun ke atas.

Secara akumulatif selama pandemi telah ditemukan 560.408 kasus positif COVID-19 di Ibu Kota. Dari jumlah tersebut, 473.467 orang telah dinyatakan sembuh dengan tingkat kesembuhan 84,5 persen, sementara sisanya, 8.547 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 2,7 persen.
Baca juga: Arena PRJ Kemayoran disiap jadi tempat perawatan pasien COVID-19
Baca juga: Permintaan tabung oksigen di Koja naik 10 kali lipat

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021