Formula 1

Vettel seorang mentor bagi Mick Schumacher

Vettel seorang mentor bagi Mick Schumacher

Pebalap tim Aston Martin Sebastian Vettel melakukan selebrasi setelah finis runner-up di Grand Prix Azerbaijan, Sirkuit Baku. (6/6/2021) (ANTARA/REUTERS/Anton Vaganov)

Jakarta (ANTARA) - Michael Schumacher adalah pahlawan Sebastian Vettel ketika masih kecil, dan kini pebalap Jerman yang lebih muda itu memberi bimbingan kepada putra legenda F1 tersebut, Mick.

Schumacher senior yang meraih kelima titel juara dunianya bersama Ferrari, belum tampil lagi di depan publik setelah mengalami cedera serius pada kepala menyusul kecelakaan ski di pegunungan Alpen Prancis pada Desember 2013.

Setelah meraih titel juara dunia Formula 2 tahun lalu, Mick (22) musim ini naik kasta ke Formula 1 bersama tim Haas yang menggunakan power unit Ferrari.

Vettel, sang juara dunia empat kali, yang sempat dijuluki "baby Schumacher" pada awal kariernya serta mantan pebalap Ferrari juga, sering memberi nasihat dan bimbingan kepada Mick apabila diminta.

"Saya berteman dengan ayahnya dan ayah dia adalah pahlawan saya," kata pebalap tim Aston Martin itu jelang Grand Prix Austria seperti dikutip Reuters, Jumat.


Baca juga: Balas Red Bull, duet Mercedes puncaki FP2 Grand Prix Austria

"Kami sangat akrab dan saya senang membantu dia dengan hal-hal yang mungkin bisa saya bantu. Soal naluri membalap itu selalu sulit, setiap mobil berbeda dan setiap lingkungan berbeda."

Dalam Grand Prix Prancis bulan lalu Schumacher memperlihatkan bagian kokpit mobilnya kepada Vettel.

Schumacher ternyata menunjukkan posisi duduknya dan kemudian menjelaskan bahwa dia duduk dengan posisi membungkuk sepanjang musim ini.

"Dia sangat membantu saya di segala hal, semua di atas maupun di luar trek," kata Schumacher soal Vettel.

"Saya senang saya bisa bicara dengan seseorang yang memiliki pengalaman sangat banyak tapi juga menyenangkan. Sangat senang apabila ada dia."

Kepala tim Haas Guenther Steiner tidak keberatan melihat pebalap dari tim rival membantu anak buahnya.

Baca juga: Verstappen puncaki FP1 GP Austria, duet Ferrari membayangi

"Saya rasa itu hal yang sangat bagus," kata Steiner. "Untuk keuntungan Mick.

"Vettel telah berada di olahraga ini cukup lama dan dia merasa terikat dengan Mick dan hanya membantunya sebisa mungkin... Saya tidak melihat masalah dengan itu."

Schumacher selalu mengalahkan rekan satu timnya Nikita Mazepin, yang perusahaan ayahnya menjadi sponsor utama Haas, dalam kualifikasi dan pada hampir semua balapan musim ini.

Sementara Haas belum mencetak satu poin pun setelah delapan balapan.

"Saya rasa dia tahu apa yang harus dilakukan di balik kemudi," kata Vettel soal Schumacher. "Dia tampil sangat baik. Saya rasa tidak mudah menjalani tahun pertama Anda, ini adalah situasi yang sulit bagi dia.

"Dia seakan mendorong semangat seluruh timnya... saya rasa di luar trek dia mungkin lebih mengesankan, dia bekerja keras dan menikmatinya."

Baca juga: Hamilton jajal simulator setelah rentetan kemenangan Red Bull

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar