Jakarta (ANTARA) - Gol Xherdan Shaqiri pada menit ke-68 membawa Swiss menyamakan kedudukan 1-1 setelah tertinggal 0-1 dari Spanyol pada babak pertama akibat gol bunuh diri gelandang Denis Zakaria dalam laga perempatfinal Euro 2020 di St Petersburg, Rusia, Jumat.

Swiss memberikan perlawanan sengit sampai 90 menit waktu normal berakhir, sekalipun kehilangan satu pemain pada menit-menit menentukan babak kedua. Tetapi Spanyol seperti biasa tetap mendominasi penguasaan bola, namun kesulitan menembus gawang Swiss.

Enam menit setelah upaya Xherdan Shaqiri diblok oleh Pau Torres, Spanyol mendapatkan tendangan penjuru pada menit ke-8.

Koke menjadi penendang sepak pojok tersebut. Dia mengirimkan bola menyilang melewati sejumlah pemain yang berkerumun di depan gawang Swiss.

Bola kemudian menuju bek kiri Spanyol Jordi Alba yang dengan tendang first time-nya yang keras meneruskan bola langsung ke gawang Swiss. Zakaria berusaha membuang bola tapi malah masuk ke gawang sendiri dan sudah tak bisa dihalau kiper Yann Sommer yang sudah mati langkah.

Baca juga: PM Inggris tak punya rencana kurangi penonton Euro 2020

Swiss berusaha membalas. Dan insiden terjadi ketika striker Breel Embolo meringis kesakitan setelah mengejar bola di tepi kotak penalti belakang Spanyol, hingga terpaksa ditarik pada menit ke-23 untuk digantikan oleh Ruben Vargas.

Spanyol hampir menggandakan kedudukan ketika Koke kembali mengirimkan bola matang dari tendangan penjuru pada menit ke-25. Cesar Azpilicueta melompat untuk menyambut bola, namun bola sundulannya tepat jatuh ke pelukan kipter Swiss Yann Sommer.

Sembilan menit kemudian giliran Swiss yang mengancam gawang Spanyol ketika Manuel Akanji melompat guna menyambut bola kiriman Shaqiri dari sepak pojok, tetapi sundulannya terbang di atas mistar gawang Spanyol.

Swiss kembali berusaha menciptakan gol balasan pada menit ke-39, tetapi Widmer juga menyundul bola sepak pojok yang juga dikirimkan Shaqiri terlalu jauh dari mistar gawang Spanyol.

Spanyol sendiri berusaha membobol lagi gawang Swiss namun kerap menemui benteng kokoh Swiss yang terutama digalang oleh penampilan cemerlang Manuel Elvedi yang nyaris mengawal ke mana pun Alvaro Morata.

Baca juga: Toni Kroos pensiun dari timnas Jerman

Pada babak kedua Luis Enrique memasukkan Dani Olmo untuk menggantikan Pablo Sarabia. Lima menit kemudian Olmo menusuk dari kiri lapangan ke jantung pertahanan Swiss lalu melepaskan umpan silang, namun gagal dimaksimalkan Koke.

Pada menit k2-52 giliran Shaqiri yang hampir berhasil menaklukkan kiper Unai Simon namun bola mendarat tipis di samping gawang Spanyol.

Empat menit kemudian Zakaria hampir menebus kesalahannya yang membuat gawang Swiss kebobolan pada babak pertama. Dia hampir menyempurnakan kiriman bola dari Rodriguez, namun sundulannya menyamping dari gawang Unai Simon.

Pada menit ke-64 Zuber bermain satu dua dengan Vargas sampai ke depan gawang Spanyol, namun Unai Simon bisa memblok bola untuk dibuangnya menjadi tendangan penjuru.

Empat menit kemudian Swiss menyamakan kedudukan setelah miskomunikasi antara dua bek tengah Spanyol Aymeric Laporte dan Pau Torres membuat bola dicuri oleh Freuler untuk dia bawa ke kotak penalti. Freuler yang sudah berhadapan dengan kiper tidak egois, dengan mengirimkan bola kepada Shaqiri untuk dia sarangkan ke gawang yang sudah tak terjaga.

Baca juga: Preview perempat final Euro 2020: Belgia vs Italia

Saat asyik mengimbangi Spanyol, Swiss mengalami malapeteka ketika Freuler diusir keluar lapangan karena kartu merah menyusul pelanggaran keras terhadap Moreno pada menit ke-77.

Surplus satu pemain, Spanyol berusaha memanfaatkannya dengan terus menekan sehingga beberapa peluang tercipta termasuk saat Gerard Moreno gagal mengoptimalkan bola kiriman tendangan bebas Koke.

Upaya Moreno lainnya pada menit ke-84 juga tak bisa menjebol gawang Swiss setelah kiper Yann Sommer bisa mengatasinya.

Sampai menit tambahan babak kedua berakhir kedudukan tetap 1-1 sehingga laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Untuk kedua kalinya, Swiss memaksa lawannya bermain selama 120 menit, namun kali ini mereka harus bermain dengan 10 orang.

Baca juga: Susunan pemain Swiss vs Spanyol
Baca juga: Ceko kontra Denmark bak duel dua tim bersenjata kembar

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021