Jakarta (ANTARA) - Kiper Spanyol Unai Simon dinobatkan sebagai "Star of the Match" pertandingan perempatfinal antara Spanyol dan Swiss di Saint Petersburg yang harus ditentukan dengan adu penalti di mana Spanyol menang 3-1 setelah seri 1-1 selama 120 menit bertanding tanpa adu penalti.

Unai Simon menjadi pahlawan kesuksesan Spanyol ke semifinal Euro 2020 setelah menggagalkan dua tendangan penalti Swiss yang hanya berhasil memasukkan satu tendangan penalti dari empat tendangannya. Spanyol sendiri berhasil pada tiga dari lima penendangnya.

Baca juga: Spanyol ke semifinal Euro 2020 setelah menang adu penalti
Baca juga: Susunan pemain Belgia vs Italia: de Bruyne main


UEFA Technical Observer Mixu Paatelainen menyebut dua blok yang dilakukan Unai Simon menjadi alasan memberikan predikat 'Star of the Match' kepada Simon, walaupun yang justru lebih teruji dalam pertandingan ini adalah kiper Yann Sommer.

Selain mementahkan satu tendangan Spanyol yang dieksekusi Pedri, Sommer juga melakukan banyak penyelamatan gemilang yang memaksa laga ini harus ditentukan lewat adu penalti.

Ini adalah fase knockout ketiga dalam turnamen Euro yang dilewati Swiss, dan ironisnya ketiganya ditentukan oleh adu penalti.

Sebelum kalah melawan Spanyol, mereka juga harus melalui adu penalti saat mengalahkan Prancis pada 16 besar lalu, dan Polandia pada Euro 2016.

Baca juga: Prioritas Patrik Schick bantu Ceko melaju ketimbang peluang top skor
Baca juga: Jelang perempat final Euro, Saint Petersburg berjuang redam COVID-19


 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021