Jakarta (ANTARA) - Italia untuk sementara mengungguli Belgia dalam pertandingan perempatfinal Euro 2020 di Allianz Arena, Muenchen, antara kedua tim setelah pada babak pertama ini Azzurri memimpin 2-1.

Italia membuka skor pada menit ke-31 dari kaki Nicola Barella yang digandakan 13 menit kemudian oleh Lorenzo Insigne.

Belgia memperkecil ketertinggalan setelah Romelu Lukaku sukses menjaringkan bola dari tendangan penalti.

Baca juga: Susunan pemain Belgia vs Italia: de Bruyne main
Baca juga: Spanyol ke semifinal Euro 2020 setelah menang adu penalti


Leonardo Bonucci sempat merobek gawang Belgia pada menit ke-13 setelah meneruskan sebuah tendangan bebas, namun setelah tinjauan VAR gol tersebut dianulir karena Bonucci sudah offside.

Setelah Kevin de Bruyne dan Romelu Lukaku hampir menjebol gawang Italia namun keduanya digagalkan oleh kiper Gianluigi Donnarumma, Italia akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-31 ketika Barella meneruskan umpan Marco Verratti dengan mengelabui Hazard sebelum melepaskan tendangan kencang yang tak bisa dicegah Thibaut Courtois.

Courtois kembali harus memungut bola dari dalam gawang paa menit ke-44 ketika gerakan indah dari Lorenzo Insigne di luar kotak penalti Belgia dia akhiri dengan tendangan keras agak diagonal yang sudah sulit dijangkau oleh kiper nomor satu Belgia itu.

Italia hampir saja menuntaskan laga dengan kedudukan 2-0, namun bek Giovanni Di Lorenzo dianggap melakukan pelanggaran terhadap Jeremy Doku di dalam kotak penalti Azzurri.

Setelah tinjauan VAR, wasit kemudian memastikan itu penalti. Dan Lukaku dengan meyakinkan menjadi algojo tendangan penalti untuk menaklukkan Donnarumma.

Pada babak pertama Italia tampil lebih dominan dengan menguasai 55 persen distribusi bola dan melepaskan sembilan upaya gol yang empat di antaranya tepat sasaran, sedangkan Belgia melepaskan lima percobaan.

Baca juga: Pahlawan adu penalti, Unai Simon jadi "Star of the Match"
Baca juga: Kalah adu penalti, Shaqiri tetap bangga kepada tim



 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021