Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran (SE) yang mengatur secara teknis mengenai perjalanan dalam negeri dan transportasi di masa PPKM Darurat, yang akan diterapkan pada 5 Juli 2021 hingga Menkeu tambah anggaran selama PPKM Darurat kemarin.

Simak pemberitaan dibidang ekonomi lainnya yang masih menarik untuk dibaca hari ini. Berikut rangkumannya.

Kemenhub berlakukan aturan perjalanan PPKM Darurat mulai 5 Juli

Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran (SE) yang mengatur secara teknis mengenai perjalanan dalam negeri dan transportasi di masa PPKM Darurat, yang akan diterapkan pada 5 Juli 2021 mendatang.

"Kemenhub juga menerbitkan beberapa Surat Edaran untuk sektor darat, laut, udara, dan kereta api yang diberlakukan mulai tanggal 5 Juli dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi operator agar dapat mempersiapkan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers "Sosialisasi Pengaturan Perjalanan Selama Pemberlakuan PPKM Darurat" yang digelar daring di Jakarta, Jumat.

PPKM darurat, Menkeu tambah anggaran kesehatan jadi Rp185,98 triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambah anggaran penanganan kesehatan menjadi Rp185,98 triliun sebagai bentuk dukungan APBN terhadap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

"Penanganan kesehatan adalah prioritas tertinggi di dalam PEN sebesar Rp172,84 triliun, sekarang dengan perkembangan yang terjadi baik di bidang vaksinasi therapeutic maupun diagnostik, kebutuhan penanganan kesehatan akan naik lagi menjadi Rp185,98 triliun," kata Menkeu Sri Mulyani saat konferensi pers daring di Jakarta, Jumat.

Pemerintah kebut penyaluran BLT Desa untuk 8 juta penerima

Pemerintah mempercepat penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa untuk 8 juta penerima sebagai respons terhadap penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan penyaluran BLT Desa penting dilakukan saat PPKM darurat terutama di zona merah COVID-19.

Erick Thohir lakukan pergantian direksi PT PPI

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pergantian direksi PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI dengan menunjuk Wien Irwanto sebagai Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, SDM, dan Umum yang baru

“Hari ini kami telah menerima pergantian direksi PPI yang baru. Kami menyampaikan terima kasih atas bakti, dedikasi, dan kontribusi Kindy Rinaldy Syahrir untuk kemajuan PPI selama ini," ujar Kepala Sekretariat Perusahaan PT PPI Syailendra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat

Kadin Indonesia targetkan 500.000 eksportir baru berasal dari UMKM

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan saat ini Kadin tengah fokus mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi 500.000 eksportir baru.

"Kadin telah fokus pada pengembangan UMKM untuk menjadi 500 ribu eksportir baru, juga dengan memanfaatkan pemasaran online yang tengah menjadi tren bisnis," kata Rosan Roeslani di Kendari, Kamis.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021