LaNyalla: Rachmawati Soekarnoputri berjasa bagi politik dan pendidikan

LaNyalla: Rachmawati Soekarnoputri berjasa bagi politik dan pendidikan

Ketua DPD RI AA LaNyala Mahmud Mattaliti. ANTARA/HO-Humas DPD RI.

Jakarta (ANTARA) - Diah Pramana Rachmawati Soekarno atau yang populer dengan nama Rachmawati Soekarnoputri memiliki jasa bagi kemajuan politik dan pendidikan di Indonesia, kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di Jakarta, Sabtu.

“Sebagai politikus, beliau kerap memberi kritikan dan masukan. Namun, jangan lupakan juga kiprahnya di dunia pendidikan dengan mendirikan Universitas Bung Karno. Bagaimana pun, Ibu Rachmawati Soekarnoputri telah mengambil perannya di negara ini,” kata LaNyalla mengenang sosok Rachmawati yang wafat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu.

Dalam keterangan tertulisnya, LaNyalla pun menyampaikan ucapan bela sungkawa dan duka kepada keluarga Rachmawati.

Baca juga: Obituari-Rachmawati Soekarno, berpulangnya penerus ajaran Soekarno

“Duka cita yang mendalam saya sampaikan kepada keluarga besar mantan Presiden Soekarno atas berpulangnya Rachmawati Soekarnoputri. Semoga semua amal ibadahnya diterina Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” sebut LaNyalla.

Di samping LaNyalla, sejumlah politisi dan pejabat publik juga turut menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya Rachmawati Soekarnoputri. Ucapan duka citta diberikan antara lain oleh Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman, dan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid.

Rachmawati Soekarnoputri, adik kandung Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri, wafat pada usia 70 tahun setelah almarhumah dikabarkan positif COVID-19 pada 26 Juni 2021.

Rachmawati merupakan anak ketiga dari Presiden RI Pertama Soekarno dan Fatmawati. Di samping Megawati, Rachmawati juga bersaudara kandung dengan Guntur Soekarnoputra, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Di dunia pendidikan, Rachmawati merupakan pendiri Universitas Bung Karno. Sementara itu di dunia politik, Rachmawati merupakan pendiri Partai Pelopor.

Semasa hidupnya, Rachmawati pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2007-2009. Ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Baca juga: Megawati berduka cita atas wafatnya Rachmawati
Baca juga: Rachmawati disebut sebagai sosok nasionalis yang hargai perbedaan

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ketua DPD sebut pandemi beri hikmah untuk mengetahui kelemahan fundamental

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar