Upaya pemerintah dalam pembangunan di sektor pendidikan dan sumber daya manusia akan membuat Papua lebih baik ke depan
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Amany Lubis menghargai upaya pemerintah dalam membangun sektor pendidikan di Papua.

"Upaya pemerintah dalam pembangunan di sektor pendidikan dan sumber daya manusia akan membuat Papua lebih baik ke depan," kata Amany dikutip dari siaran pers di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, Pemerintah Indonesia secara khusus memberikan fasilitas yang sama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM di Provinsi Papua dan Papua Barat yang masuk kategori daerah terluar, tertinggal, dan terdepan.

Dia mengapresiasi upaya pemerintah agar masyarakat di Papua bisa memperoleh pendidikan lebih tinggi dari beragam disiplin ilmu, mulai dari antropologi, sosial budaya, pertambangan, teknik, dan juga agama.

Saat ini, kata Amany, telah banyak beasiswa yang ditawarkan bagi pelajar Papua seperti LPDP, Bidik Misi, Afirmasi Pendidikan Tinggi, dan Afirmasi Pendidikan Menengah.

"Tujuan semua ini adalah menyiapkan orang Papua agar menjadi agen perubahan," katanya seusai menjadi narasumber dalam webinar "Understanding Papua Series #1" bertema "Future Education in Papua", Jumat (2/6).

Dalam mendukung upaya tersebut, lanjut Amany, perlu ada kolaborasi dengan pemerintah daerah. Salah satunya, dengan upaya peningkatan kapasitas hidup melalui peningkatan kesejahteraan dan ekonomi.

"Pembangunan dengan menggunakan pendekatan kearifan lokal Papua agar menjadi lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Babinsa-Babinkamtibmas berkolaborasi sadarkan anggota OPM
Baca juga: Kodam siap bantu pemda terapkan PPKM Darurat Imbangan di Papua Barat

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021