Saya lahir dan besar di Pekanbaru, tinggal di Kompleks Chevron Rumbai
Pekanbaru (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan gedung Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau di Kota Pekanbaru secara virtual, Sabtu.

Dalam sambutannya, Sandiaga mengatakan kehadiran gedung Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau menjadi penyemangat bagi kebangkitan ekonomi setempat khususnya dan Indonesia umumnya di tengah pandemi COVID-19.

"Oleh karena itu, saya dengan bangga meresmikan pembangunan Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau ini," katanya.

Sandiaga juga mengenang Riau dengan segala keindahan alam dan budayanya, serta makanan khasnya seperti ikan patin asam pedas.

Ia, yang dulu pernah tinggal di Kompleks Chevron Rumbai, mengaku lewat peresmian gedung Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau tersebut, dirinya diingatkan kembali akan masa lalunya.

"Saya lahir dan besar di Pekanbaru, tinggal di Kompleks Chevron Rumbai. Saat bangun pagi, saya bisa langsung melihat hutan di pinggir camp," katanya.

Dia juga mengapresiasi SKK Migas dan PT Chevron Pacific Indonesia yang sudah menyelesaikan bangunan Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau yang berada di Kota Pekanbaru itu.

Dikatakan dia, kehadiran fasilitas ini diharapkan turut mendorong pelestarian khasanah budaya Melayu dan mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Riau.

Pada masa pandemi, menurut Sandiaga, semua pihak harus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi.

"Mari kita gunakan gerai ini menampilkan berbagai jenis kerajinan dan kuliner yang terkenal, seperti yang saya pakai ini fashion tanjak dan seperti batik khas Riau. Mari kita bangkitkan kegiatan ekonomi kreatif Riau," katanya.

Baca juga: Pegiat ekraf diminta jadikan PPKM darurat momen evaluasi CHSE
Baca juga: Menteri Parekraf dukung rencana pembuatan buku wisata halal Indonesia
Baca juga: Menparekraf dorong artisan Gorontalo cetak peluang di pasar digital

Pewarta: Vera Lusiana
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021