Banda Aceh (ANTARA News) - Calon haji embarkasi Banda Aceh yang meninggal di Tanah Suci, Madinah, Arab Saudi, bertambah menjadi tiga orang dari dua jamaah sebelumnya.

Koordinator Humas PPPIH Aceh, Juniazi, di Banda Aceh Senin mengatakan, calhaj yang meninggal tersebut bernama Sulaiman bin Ibrahim Risyad (70) asal kabupaten Bireuen.

Calhaj tersebut meninggal di Rumah Sakit King Fath, Madinah sekitar pukul 07.15 WAS atau 11.15 WIB, (7/11) karena gagal multi organ post. Pria bermanifes 149 itu merupakan calhaj Aceh yang ketiga meninggal pada musim haji 2010 di Madinah.

Calhaj Aceh yang meninggal pertama di Tanah Suci bernama Sudarmin bin Adam Johan (55) asal Aceh Selatan. Ia meninggal akibat stroke hemoragik (pecah pembuluh darah otak) di Madinah, Jumat (15/10).

Kedua, Hasanah binti Muhammad Saleh (46) warga asal gampong (desa) Kajhu Indah, kabupaten Aceh Besar yang meninggal dunia sekitar pukul 21.30 Waktu Arab Saudi (4/11) atau pukul 01.30 WIB, Jumat (5/11) di Madinah, akibat penyakit paru (Pneumo thorax).

Ketiga Calhaj yang meninggal dunia di Tanah Suci tersebut dimakamkan di Baqi, Arab Saudi.

Dijelaskannya, kabar duka tersebut telah disampaikan pihaknya ke masing-masing keluarga jamaah.

Pada musim haji 2010 Provinsi Aceh mendapat kuota sebanyak 4.163 orang termasuk 65 orang petugas haji.

Sementara itu, Juniazi mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum bisa menyebutkan berapa santunan yang akan diperoleh oleh keluarga jamaah, karena pihaknya belum menerima informasi dari kementerian agama Pusat.

"Setiap keluarga korban akan menerima asuransi, namun tahun ini kami belum mengetahui berapa besaran santunan yang akan diterima 2010, sebab informasi dari kementerian agama belum ada," demikian Juniazi.

(KR-IFL/Z003/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010