Hal pertama yang saya tunjukkan dalam rapat tim pertama adalah foto Wembley ketika kami di sana musim gugur lalu. Saya bilang kami akan kembali ke sana
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Denmark Kasper Hjulmand mengenang rapat pertama dengan skuadnya sebelum Euro 2020 setelah mereka mampu melangkah ke semifinal dengan mengalahkan Republik Ceko 2-1 di Baku, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Pasalnya, Hjulmand mengaku memperlihatkan foto Stadion Wembley dalam pertemuan itu dan kini Denmark akan kembali ke arena bersejarah itu untuk melakoni pertandingan semifinal.

"Sungguh magis. Hal pertama yang saya tunjukkan dalam rapat tim pertama adalah foto Wembley ketika kami di sana musim gugur lalu. Saya bilang kami akan kembali ke sana," kata Hjulmand selepas laga dilansir laman resmi UEFA.

Baca juga: Tundukkan Ceko 2-1, Denmark melangkah ke semifinal Euro 2020
Baca juga: Cetak gol pertama Denmark vs Ceko, Thomas Delaney 'star of the match'


Foto yang dimaksud Hjulmand tentunya merujuk pada pertemuan Denmark vs Inggris dalam ajang UEFA Nations League 2020/21 yang kala itu berakhir dengan kemenangan 1-0.

Sementara itu Denmark bertemu Inggris di semifinal nanti seusai The Three Lions menaklukkan Ukraina dengan skor 4-0 dalam laga perempat final lainnya.

Baca juga: Inggris "pulang" ke Wembley selepas gasak Ukraina 4-0

Hjulmand mengaku bahwa kemenangan atas Ceko tidak seindah hasil dua pertandingan sebelumnya ketika menundukkan Rusia 4-1 dan Wales 4-0.

Hal itu tidak lepas dari tenaga para pemainnya yang mulai terkuras, tetapi ia memuji penampilan kiper Kasper Schmeichel yang membukukan sedikitnya empat penyelamatan atas peluang Ceko.

"Hari ini permainan tidak seindah itu, tapi ada perjuangan dan kiper yang fantastis," ujarnya.

"Tenaga kami hampir tak bersisa, tapi bisa mencapai semifinal Euro adalah capaian luar biasa.

"Rasanya kami seperti bermain di kandang sendiri, karena dukungan suporter begitu deras. Kami sangat berterima kasih," tutup Hjulmand.

Baca juga: Ceko kehabisan tenaga saat disingkirkan Denmark, kata Schick
Baca juga: Kjaer akui capai Wembley memang target Denmark sejak awal
Baca juga: Vladimir Darida sebut Ceko tinggalkan Euro 2020 dengan kepala tegak

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021