Jakarta (ANTARA) - Tak perlu bingung bagaimana caranya melewatkan akhir pekan Anda hari ini. Mengingat tanggal 4 Juli adalah hari kemerdekaan Amerika, tak ada salahnya tema itu menjadi acuan dari pilihan film yang ingin Anda tonton sebelum kembali bekerja besok. Simak rekomendasi daftar film bertema 4 Juli di bawah ini:
 
Jackie (IMDB)


Baca juga: Tujuh film perjuangan yang bisa bangkitkan jiwa nasionalisme
Jackie
Bicara tentang ibu negara Amerika Serikat, Jackie Kennedy tak bisa dilupakan. Dia adalah istri dari Presiden John F. Kennedy yang terbunuh akibat tembakan. Kisah Jackie diadaptasi dalam film tahun 2016 yang dibintangi oleh Natalie Portman. Film ini menceritakan hari-harinya sebagai ibu negara di Gedung Putih dan kehidupannya setelah sang suami terbunuh.
Captain America: The First Avenger (IMDB)


Captain America: The First Avenger
Siapa lagi pahlawan super yang sangat lekat citranya dengan Amerika kalau bukan Captain Amerika. Diperankan oleh Chris Evans, Steve Rogers adalah pria sakit-sakitan yang ingin ikut menjadi bagian dari militer Amerika saat Perang Dunia II. Manipulasi gen dan otot membuatnya berubah jadi sosok tak terkalahkan Captain America yang menumpas sejumlah musuh, bahkan hingga bertahun-tahun kemudian bersama Avengers lain.
 
Independence Day (IMDB)

​​​​​​​
Independence Day

Film Will Smith yang satu ini dirilis bertahun-tahun lalu, tepatnya tahun 1996. Film fiksi ilmiah ini bercerita tentang serangan alien di bumi. Tokoh-tokoh dalam film ini tak menyerah, tapi melancarkan serangan balasan pada 4 Juli, tepat pada hari kemerdekaan Amerika Serikat. Film ini memborong banyak penghargaan, termasuk efek visual terbaik Oscar.

Baca juga: Film-film peraih penghargaan internasional hadir di Klik Film Juli
 
The American President (Wikimedia)


​​​​​​​The American President
Masih dari era 1990-an, ada film komedi romantis The American President yang dibintangi oleh Michael Douglas dan Annette Bening. Film ini mengisahkan Presiden Andrew Shepherd (Douglas), duda yang sedang mengejar pelobi Sydney Ellen Wade (Bening), tapi pada saat yang bersamaan mengurus perihal politik.
 
Born on the Fourth of July (IMDB)


​​​​​​​Born on the Fourth of July
Film dari tahun 1989 ini diangkat dari adaptasi otobiografi berjudul sama dari veteran Perang Vietnam Ron Kovic. Tom Cruise menjadi pemeran utama, memerankan Ron Kovic di film yang memberikannya nominasi Oscar perdana. Film arahan Oliver Stone, yang memenangi Sutradara Terbaik Oscar, mengisahkan 20 tahun kehidupan Ron Kovic sejak kecil, ketika bertugas di militer dan lumpuh akibat Perang Vietnam hingga transisinya menjadi seorang aktivis anti-perang.



Baca juga: Empat film menegangkan bertema penjelajahan waktu

Baca juga: Alasan "Night in Paradise" wajib masuk daftar nonton

Baca juga: Daftar film yang tayang di Netflix sepanjang 2021

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021