Olimpiade

China bawa pesenam berpengalaman ke Olimpiade Tokyo

China bawa pesenam berpengalaman ke Olimpiade Tokyo

Arsip - Xiao Ruoteng saat tampil di nomor senam lantai dalam FIG Artistic Gymnastics World Championships di Hanns-Martin-Schleyer-Halle, Stuttgart, Jernan pada 12 October 2019. ANTARA/AFP/Lionel BONAVENTURE

Jakarta (ANTARA) - China telah menunjuk squad senam berpengalaman untuk Olimpiade 2020 yang akan dimulai bulan ini di Tokyo karena mereka ingin kembali ke podium teratas setelah gagal memenangi medali emas di Rio de Janeiro empat tahun lalu.

Mantan juara dunia all-round Xiao Ruoteng, dua kali juara dunia palang sejajar Zou Jingyuan, peraih medali perunggu Olimpiade Lin Chaopan dan debutan Olimpiade Sun Wei akan bertanding dalam event all-round putra.

Kuartet tersebut adalah bagian dari tim yang memenangi emas pada kejuaraan dunia 2018 dan finis di urutan kedua, setelah Rusia, pada tahun berikutnya.

Spesialis palang sejajar Lin, yang memenangi perunggu dalam event all-round beregu di Rio pada 2016, dipilih di atas Zhang Boheng karena unggul pengalaman internasionalnya, kendati Zhang mempunyai skor yang lebih tinggi dalam ketiga event uji coba Olimpiade.

"Kami percaya bahwa Zhang adalah atlet muda yang bertalenta yang bisa menjadi cadangan yang sempurna bagi tim keseluruhan," kata pelatih putra Wang Hongwei seperti dikutip REUTERS.

Liu Yang dan You Hao, yang juga menjadi bagian dari tim yang memenangi medali perunggu di Rio, akan mengikuti Olimpiade kedua mereka dan bertanding pada event perseorangan.

Tang Xijing, peraih medali perunggu all-round pada Kejuaraan Dunia 2019, akan memimpin tim putri, dengan Ou Yushan, Lu Yufei dan Zhang Jin menggenapi daftar atletnya.

Dua kali juara dunia palang bertingkat Fan Yilin dan remaja spesialis balok keseimbangan Guan Chenchen mengambil dua tempat untuk event perseorangan.

China memenangi sembilan medali emas senam artistik pada Olimpiade Beijing pada 2008 dan empat di London empat tahun kemudian, namun finis hanya dengan dua medali perunggu pada 2016.

Olimpiade 2020 akan dimulai pada 23 Juli setelah ditunda setahun karena pandemi COVID-19.


Baca juga: Atlet Olimpiade Serbia positif COVID-19 setiba di Jepang
Baca juga: Profil atlet Olimpiade Tokyo: Pebulu tangkis Anthony Ginting
Baca juga: 40 persen pertandingan Olimpiade rencana digelar tanpa penonton

 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar