Kasatgas COVID-19 sidak karantina pelaku perjalanan internasional

Kasatgas COVID-19 sidak karantina pelaku perjalanan internasional

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito saat melakukan inspeksi mendadak fasilitas karantina di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, Minggu (4/7/2021) (ANTARA/HO-Humas Satgas Penanganan COVID-19)

memastikan kesiapan karantina bagi pekerja migran
Jakarta (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito melakukan inspeksi mendadak fasilitas karantina bagi para pelaku perjalanan internasional seiring rencana memperpanjang kewajiban karantina menjadi delapan hari dari sebelumnya lima hari.

Ganip bertolak dari Kantor Badan Nasional Penanganan Bencana menuju Wisma Atlet Pademangan, sebelum menuju ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan mengunjungi salah satu hotel karantina di Tangerang, Banten. Di terminal 3 kedatangan, Kepala BNPB tersebut juga mengunjungi pos vaksinasi COVID-19.

“Tujuan sidak ini untuk memastikan kesiapan karantina bagi pekerja migran Indonesia maupun pelaku perjalanan internasional lainnya. Saya juga mengecek kesiapan Satgas dalam hal personel, sarana dan prasarana dalam rangka pemberlakuan ketentuan baru,” kata Ganip dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu.

Di Wisma Pademangan, Jakarta Pusat, Ganip menyaksikan proses penerimaan PMI yang baru mendarat, melakukan pendaftaran, pengecekan kesehatan meliputi tes RT-PCR, hingga proses vaksinasi bagi mereka yang dinyatakan negatif COVID-19. Vaksinasi adalah kewajiban tambahan bagi pelaku PMI yang baru pulang dari luar negeri.

Rencananya, Wisma Pademangan akan kembali difungsikan sepenuhnya untuk karantina dan isolasi bagi PMI setelah sempat dijadikan tempat isolasi bagi pasien COVID-19 tanpa gejala. Tower 8 akan difungsikan sebagai tempat isolasi dengan kapasitas 1.132 tempat tidur.

Adapun, bagi pelaku perjalanan yang dalam tes RT-PCR pertama negatif COVID-19 akan disediakan tempat karantina di Tower 9 dan 10. Pasien tanpa gejala dan bukan pelaku perjalanan internasional rencananya akan dipindahkan ke Rusun Pasar Rumput, Jakarta Pusat.

Baca juga: 224 pekerja migran pulang dari Malaysia masih dikarantina di Batam
Baca juga: RSKI Pulau Galang kini hanya layani PMI


Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Pademangan per Minggu (4/7/2021), ada sebanyak 3.594 Pekerja Migran Indonesia yang tiba di Tanah Air dari luar negeri yang tengah menjalani karantina.

Jumlah tersebut telah berkurang dua orang dibanding hari sebelumnya yakni 3.596 orang. Adapun rinciannya adalah 1.507 laki-laki dan 2.087 perempuan. Saat ini mereka menempati tower 9 dan 10 Wisma Atlet Pademangan.

Ganip mengatakan telah menyaksikan sendiri kesiapan fasilitas karantina dan isolasi dan berharap fasilitas yang ada bisa mengantisipasi kedatangan para PMI maupun pelaku perjalanan internasional dalam periode Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Saya tadi juga memastikan ketersediaan hotel karantina berbayar bagi pelaku perjalanan internasional lain hasil kerja sama dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia,” kata dia.

Baca juga: Soekarno-Hatta siapkan lima hari karantina penerbangan internasional
Baca juga: WNA-WNI yang datang ke Indonesia wajib karantina lima hari
Baca juga: Karantina penumpang internasional di Soekarno-Hatta lancar

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar