Sorong (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, menyebutkan 177 pasien COVID-19 bergejala dirawat di lima rumah sakit, baik rumah sakit swasta maupun Rumah Sakit Pertamina yang tersebar di wilayah itu.

"Sebanyak 22 pasien COVID-19 dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Sele be Solu, 35 orang pada Rumah Sakit Pertamina, 60 orang pada Rumah Sakit Angkatan Laut, 55 orang pada Rumah Sakit Darurat Tujuan COVID-19, dan Rumah Sakit Umum Daerah JP Wanane sebanyak lima orang," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Senin.

Dia mengatakan bahwa khusus Rumah Sakit Umum Daerah Sele be Solu, ada pasien COVID-19 di rawat pada ruang Instalasi Gawat Darurat karena ruang isolasi penuh sehingga ruang IGD tersebut ditutup untuk pasien umum.

Menurut dia, jumlah pasien COVID-19 juga terus meningkat. Dari hasil pemeriksaan laboratorium terhadap 188 spesimen dalam pekan ini, terdapat kasus positif baru sebanyak 85 orang sehingga total kasus COVID-19 di kota Sorong mencapai 3.497 kasus.

Baca juga: Tenaga medis kota Sorong terpapar COVID-19 bertambah menjadi 88 orang

Baca juga: Tambah 35 orang, total kasus COVID-19 Kota Sorong jadi 3.412


'Namun, ada pula lima orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh sehingga total pasien sembuh sebanyak 3.274 orang," ujarnya.

Ruddy menghimbau kepada masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19 sebab banyak tenaga medis yang terpapar COVID-19.

Hilangkan pandangan bahwa virus corona sudah tidak ada sebab hasil pemeriksaan laboratorium masih ada masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 serta ada tenaga medis terpapar menunjukkan virus masih ada.

"Mari kita terapkan protokol kesehatan yakni rajin cuci tangan, selalu gunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan demi melindungi diri dan keluarga dari penyebaran COVID-19," tambah dia.*

Baca juga: Penggemar Piala Eropa di Papua Barat konvoi abaikan protokol kesehatan

Baca juga: Kasus COVID-19 Kota Sorong bertambah 24 orang

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021