Makassar (ANTARA News) - Usia calon jamaah haji disarankan tidak lebih dari 60 tahun karena diatas usia itu kemungkinan daya tahan fisik dan kesehatan tidak mendukung, kata Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, Rabu.

"Kalau bisa usia tidak di atas 60 tahun. Kasihan karena jarak dari pondokan ke lokasi melontar jumroh kurang lebih tujuh kilo meter," ujarnya usai menyampaikan sarannya tersebut pada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Ia menemui gubernur untuk melaporkan bahwa dirinya telah tiba di Makassar, setelah melaksanakan ibadah haji. Menurutnya, jauhnya jarak dari lokasi pemondokan ke tempat melontar jumroh menjadi salah satu evaluasi pada musim haji tahun ini.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Sulsel Agus Arifin Nu`mang sebelumnya mengungkaokan jarak tempuh ideal lokasi pondokan ke Masjidil Haram maksimal dua hingga empat kilometer.

Ilham yang mengaku sempat menemui Menteri Agama Suryadharma Ali saat berada di tanah suci juga menanyakan permasalahan tersebut.

"Kenapa Indonesia tidak punya posisi tawar yang tinggi dengan jumlah calhaj yang termasuk terbesar. Kalau soal uang kita kan punya setoran awal calhaj itu kan bisa jadi deposit untuk mengontrak satu tempat yang tidak terlalu jauh," jelasnya yang menambahkan, daftar tunggu haji Makassar mencapai 11 ribu orang.

Ia menilai, kurang intensifnya komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi, menjadi salah satu sebab dari kekurangan yang terjadi. "Kalau bisa komunikasi yang dilakukan jangan tahun per tahun saja," tambahnya.

(KR-RY/S016/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010