bagi pekerja sektor esensial dan kritikal tetap diperbolehkan melintas
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Guruh Arif Darmawan meninjau pelaksanaan kegiatan pembatasan mobilitas di Jalan Raya Cilincing, Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Senin.

Guruh mengatakan sejumlah personel Kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara berjaga di depan Pos Tanah Merdeka, Cilincing tersebut pada Senin, untuk membatasi pergerakan kendaraan bermotor masuk Ibu Kota dari arah Bekasi, Jawa Barat saat PPKM Darurat.

Baca juga: PPKM Darurat, DPR kritik DKI Pemprov berlakuan STRP tanpa sosialisasi

"Penyekatan berupa penyetopan kendaraan penumpang untuk dilakukan penerapan pembatasan jumlah penumpang, dan protokol kesehatan COVID-19 berupa jaga jarak dan Pemakaian Masker. Pelaksanaan kegiatan dikedepankan secara persuasif dan humanis," ujar Guruh.

Sebelumnya, Pemerintah menetapkan sejumlah aturan pembatasan mobilitas hingga penyekatan jalan di DKI Jakarta selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

PPKM Darurat berlaku pada 3-20 Juli di Pulau Jawa dan Bali. Selama penerapan terdapat pengetatan pembatasan mobilitas di berbagai sektor termasuk lalu lintas.

Baca juga: Kasus COVID-19 di DKI Jakarta pecah rekor di hari pertama PPKM Darurat

Semua pengendara bermotor diminta memutar balik karena area Jakarta Utara menerapkan Pembatasan Mobilitas pada Senin, kecuali bagi pekerja sektor esensial dan kritikal tetap diperbolehkan melintas.

Selain di Jalan Raya Cilincing, pembatasan mobilitas juga terpantau diterapkan di Jalan Gunung Sahari depan kawasan Mangga Dua Square.

Aparat diminta berjaga di sekitar lokasi penyekatan untuk mengantisipasi adanya kemacetan arus lalu lintas karena kendaraan sepeda motor dan roda empat menumpuk di jalan tersebut.

Total ada 63 titik penyekatan keluar-masuk Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Baca juga: PPKM hari pertama, harga pangan di DKI cenderung stabil

"Ada 63 titik yang kita jaga terdiri dari 28 titik yang ada di batas kota dan jalan tol kemudian 21 titik di pembatasan mobilitas di lokasi rawan pelanggaran yang memang selama ini masih berjalan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Jumat (2/7).

Penyekatan itu diberlakukan mulai Sabtu (3/7) sekitar pukul 00.00 WIB dan individu yang masih boleh beraktivitas di luar rumah hanya yang bekerja di sektor esensial.

Petugas juga akan melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang masih beraktivitas di area publik.

"Kita akan mengedepankan cara preventif edukatif melakukan penyekatan dan pemeriksaan. Jadi jalan nanti akan kita tutup, kita akan pasang barier setiap yang melintas kita tanya keperluannya apa," katanya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021