Ternate (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Baabullah Ternate, meminta pengguna transportasi laut antar-pulau di Maluku Utara (Malut) untuk mewaspadai tingginya gelombang laut, karena sangat membahayakan keselamatan saat berlayar.

Prakirawan - BMKG Kelas I Sultan Baabullah Ternate, Justia Prislly kepada ANTARA di Ternate, Senin, menyatakan, potensi gelombang laut mencapai 2,5 meter di wilayah penyebrangan seperti Ternate-Batang Dua-Bitung, Ternate-Jailolo-Loloda-Morotai, Ternate-Bacan-Sanana-Mangoli-Bobong.

"Potensi gelombang juga terjadi di wilayah penyebrangan seperti Ternate-Batang Dua-Bitung, Ternate-Jailolo-Loloda-Morotai, Ternate-Bacan-Sanana-Mangoli-Bobong, sehingga calon penumpang akan ke daerah itu untuk berhati-hati," katanya.

Selain itu, dirinya mengimbau kepada pemilik kapal berukuran kecil untuk tidak melaut, karena kondisi gelombang laut seperti itu akan membahayakan keselamatan saat berlayar.

Di samping itu, sebagian besar wilayah di Malut berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pukul 07.30 WIT di wilayah Morotai, Tobelo, Maba, Buli, Bicoli, Pulau Widi serta dapat meluas ke wilayah Wasile, Weda, Mafa, Payahe, Sofifi, Obi dan sekitarnya.

Bahkan, saat ini masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pukul 09.00 WIT di wilayah Wasile, Gane, Saketa, Bacan, Maba, Buli, Bicoli, Pulau Widi, Mafa,Payahe,Sofifi, Sidangoli serta dapat meluas ke wilayah Jailolo, Ternate, Tidore, Morotai, Tobelo, Weda, Obi, Kao, Malifut dan sekitarnya.

Untuk siang/sore hari umumnya hujan ringan dengan potensi hujan sedang di Tobelo Sofifi, Jailolo, Ternate, Tidore,Bacan,Taliabu dengan suhu udara : 25 ⁰C – 31 ⁰C, kelembaban udara : 75 – 95 %, angin : tenggara– barat laut ; 5 – 40 km/jam, sehingga dikeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang - lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Tobelo, Maba, Weda.

Kepala BPBD Kota Ternate, Mochammad Arif Abdul Gani dihubungi sebelumnya terpisah mengakui hingga kini seluruh petugas BPBD bersama aparatur pemerintahan di tingkat kecamatan maupun kelurahan telah diminta kesiapsiagaannya guna mengantisipasi peringatan dini dan langkah-langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana banjir, menyusul tingginya curah hujan disertai angin kencang dalam sepekan terakhir.
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021