Lima kabupaten di Kepri capai target 50 persen vaksinasi COVID-19

Lima kabupaten di Kepri capai target 50 persen vaksinasi COVID-19

Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberikan penghargaan kepada 24 pihak terkait yang membantu menyukseskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19. (ANTARA/HO-Pemprov Kepri)

kita dapat mencapai target pencapaian 50 persen dalam pelaksanaan vaksinasi yang diberikan pemerintah pusat
Batam (ANTARA) - Sebanyak lima kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau berhasil mencapai target vaksinasi terhadap 50 persen warga sasaran, pada akhir Juni 2021.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyatakan kabupaten/kota yang berhasil mencapai target akhir Juni 2021, yaitu Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Natuna.

"Alhamdulillah kita dapat mencapai target pencapaian 50 persen dalam pelaksanaan vaksinasi yang diberikan pemerintah pusat," kata Gubernur di Batam, Senin.

Baca juga: Kepri targetkan vaksinasi remaja selesai 23 hari

Dari tujuh kabupaten/kota, hanya Kabupaten Anambas dan Kabupaten Lingga yang belum mencapai target. Pihaknya mencatat vaksinasi di kedua daerah mencapai masing-masing 48,31 persen dan 39,72 persen.

Gubernur memberikan penghargaan kepada 24 pihak terkait yang dinilai turut membantu keberhasilan mencapai target vaksinasi 50 warga sasaran.

Penghargaan diberikan antara lain kepada Forkopinda Kepri, rumah sakit, sejumlah asosiasi.

Baca juga: Batam targetkan vaksinasi remaja selesai 10 hari

Ia mengatakan apresiasi itu untuk memacu dan memicu semangat kepala daerah dan pihak terkait mencapai target pengendalian COVID-19.

"Saya optimis dengan kebersamaan dan niat yang kuat pada Juli ini angka vaksinasi kita bisa mencapai 70 persen, dan 100 persen pada Agustus nanti setelah dikurangi masyarakat yang tidak bisa divaksin karena penyakit bawaan," kata dia

Pihaknya menargetkan 1.402.331 warga berusia 18 tahun ke atas divaksin COVID-19 dan 227 ribu anak usia 12-17 tahun.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Kepri meninggal dunia bertambah 14 orang

Dalam kesempatan itu, Gubernur menginstruksikan Kadis Kesehatan meminta seluruh rumah sakit menyediakan 40 persen kamar rawat inap guna isolasi pasien yang berisiko tinggi.

"Kami akan terus melakukan langkah-langkah pengendalian COVID-19 seperti 'tracing', protokol kesehatan ketat, vaksinasi, hingga memutus sumber-sumber penyebaran COVID-19 seperti kapal laut/fery, kedai kopi, tempat permainan, dan lainnya," kata Gubernur.

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 di Kepri terbesar kedua di Indonesia

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar