Jakarta (ANTARA) - Saham Hong Kong ditutup lebih rendah pada hari Senin, karena saham-saham perusahaan teknologi merosot setelah tindakan terbaru Beijing terhadap perusahaan berbasis daring (online) dan perusahaan transportasi daring Didi.

Indeks Hang Seng turun 0,6 persen menjadi 28.143,50, sedangkan Indeks China Enterprises turun 1,4 persen menjadi 10.274,18 poin, level penutupan terendah sejak 4 November 2020.

Indeks teknologi Hang Seng turun 2,3 persen ke level terendah sejak pertengahan Mei.

Tencent merosot 3,6 persen, Alibaba turun 2,8 persen, sementara JD.com, Baidu dan Meituan melemah antara 2,9 persen dan 5,6 persen.

Investor China daratan pada hari Senin menjual saham Hong Kong senilai 6,8 miliar yuan (1,05 miliar dolar AS) melalui Stock Connect yang menghubungkan China daratan dan pusat keuangan Asia Hong Kong, data Refinitiv menunjukkan.

Regulator pasar China mengeluarkan rancangan aturan pada hari Jumat untuk menghukum aktivitas penetapan harga secara ilegal, termasuk subsidi besar dan praktik yang dlakukan oleh perusahaan platform online yang menetapkan harga berbeda berdasarkan perilaku pembelian pelanggan.

Baca juga: Saham Hong Kong jatuh karena kekhawatiran pengetatan kebijakan China

Pelanggaran terhadap aturan itu dapat dikenakan denda 0,1 persen hingga 0,5 persen dari penjualan tahunan perusahaan atau bahkan penangguhan operasional, menurut pernyataan dari Administrasi Negara untuk Pengaturan Pasar.

Perusahaan transportasi daring terbesar di China Didi Global Inc mengatakan pada hari Minggu bahwa penghapusan aplikasi DiDi Chuxing dari toko aplikasi smartphone di China diperkirakan akan berdampak buruk pada pendapatannya.

Sebelumnya pada hari Minggu, regulator dunia maya China memerintahkan toko aplikasi untuk berhenti menawarkan aplikasi Didi setelah menemukan bahwa perusahaan tersebut telah mengumpulkan data pribadi pengguna secara ilegal.

Pada hari Senin, pengawas dunia maya China mengatakan sedang menyelidiki perekrut online Zhipin.com, dan aplikasi truk Huochebang dan Yunmanman, meningkatkan tindakan keras terhadap perusahaan teknologi China daratan di tengah peraturan yang diperketat tentang keamanan data. (1 dolar AS = 6,4579 yuan renminbi Tiongkok).

Baca juga: Saham Hong Kong ditutup jatuh, karena data China yang lemah

 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021