Kemensos bantu 250 tempat tidur untuk Rumah Sakit Lapangan Surabaya

Kemensos bantu 250 tempat tidur untuk Rumah Sakit Lapangan Surabaya

Menteri Sosial Tri Rismaharini usai menyerahkan bantuan penanganan COVID-19 kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Dapur Umum Kemensos di halaman Gedung Convention Hall Jalan Arif Rahman Hakim, Surabaya, Senin (5/7/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya/am.

Surabaya (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI membantu 250 tempat tidur untuk keperluan rumah sakit lapangan yang baru dibuat di Lapangan Tembak, Kedung Cowek, Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Kami berharap bisa segera mengoperasionalkan Rumah Sakit Lapangan Tembak itu karena sudah banyak yang antre," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyerahkan bantuan kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Dapur Umum Kemensos di halaman Gedung Convention Hall, Surabaya, Senin.

Selain tempat tidur untuk pasien, bantuan Kemensos lainnya berupa 50 velbed, 2.500 baju alat pelindung diri (APD), 2.500 masker N95, 10 tenda, dan 60 ribu masker medis.

Penyerahan bantuan itu dilakukan di sela-sela Mensos Risma memimpin masak di dapur umum Kemensos. Selain Surabaya, Risma juga menyerahkan bantuan kepada Kabupaten Gresik dan juga Kabupaten Sidoarjo.

Risma mengatakan sebelumnya Kemensos juga sudah menyerahkan bantuan ke Kediri dan Kabupaten Malang. Bantuan yang diberikan, mulai dari masker medis hingga tempat tidur untuk penanganan COVID-19.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga memberikan bantuan makanan, berupa nasi kotak dan telor rebus. Nasi kotak itu dikirim ke Gresik sebanyak 1.500 kota, Sidoarjo 1.500 kota, dan Surabaya 2.000 kota.

"Kalau saya lihat di Jakarta, telor rebusnya itu untuk tenaga medis, dan ternyata di rumah sakit telornya diserahkan ke pasien, kemudian nasinya untuk tenaga medis," kata Risma.

Mantan Wali Kota Surabaya ini juga memastikan bahwa dapur umum yang diletakkan di Surabaya itu akan terus dioperasikan sampai COVID-19 mulai menurun. Meski begitu, ia juga menjelaskan bahwa akan melihat perkembangan COVID-19 di tiga kabupaten itu.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersyukur telah mendapatkan bantuan dari Kemensos. Ia juga mendoakan supaya bantuan itu bisa menjadi amal jariyah.

"Alhamdulillah hari ini dapat bantuan dari Bu Mensos, sehingga ini menjadi penyemangat baru di daerah. Dengan bantuan ini, kami semakin yakin bahwa kami bisa mengatasi pandemi COVID-19 ini secara bersama-sama di daerah kami masing-masing," katanya.

Ia juga menegaskan bahwa bantuan tempat tidur dan velbed dari Kemensos itu akan langsung dibawa dan ditempatkan di Rumah Sakit Lapangan Tembak. Sebab, ia berharap ketika sudah ada pasien yang masuk bisa langsung nyaman untuk ditempati.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang menerima bantuan dari Kemensos juga menyampaikan terima kasih banyak kepada Risma. Kabupaten Gresik mendapatkan bantuan 65 velbed, 10 tenda, 175 dus APD, dan 15 karton masker medis.

"Tentu, ini akan menjadi tambahan semangat bagi kami dalam menangani COVID-19, apalagi hari ini di Gresik ada kenaikan yang cukup tinggi," katanya. 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkot Ambon tutup rumah sakit lapangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar